Jawab Isu Miring, Pembayaran Pembuatan Paspor Bisa Via BNI

28 November 2013 - 16:49:56 | 1568 | SENI & BUDAYA

DL/28112013/Bandarlampung

Masyarakat Lampung kini diberikan kemudahan dalam proses pembuatan paspor. Pasalnya kantor Imigrasi kelas I Bandarlampung bekerjasama dengan BNI 46 untuk melakukan pembayaran biaya pembuatan paspor itu. Ini mulai diberlakukan dari tanggal 25 November 2013.
Kerjasama ini menurut kepala kantor imigrasi Bandarlampung, Firman, untuk menepis isu miring yang berear bahwa kantor imigrasi sarang korupsi. ”Banyak isu yang mengatakan kantor imigrasi sarang korupsi. Untuk menghindari hal itu, kami buat sistem pembuatan paspor melalui bank BNI. " jelas Firman.
Dengan adanya program ini, banyak anggota masyarakat yang kaget dan bingung dengan program baru ini, bahkan ada yang marah karena harus ngantri. "Biasanya mereka membayar langsung ke kasir  sekarang melalui BNI." kata Firman.

Tidak hanya itu, kelak akan terus ditingkatkan pola pembayaran agar lebih mudah dan transparan yakni melalui M-banking. ”Kami memilih bank BNI sesuai instruksi dari pusat. Kantor imigrasi memilih BNI, pembayarannya akan menggunakan sistem H+1 dan jika sudah terkumpul disetorkan langsung ke rekening pusat.” tambahnya.
Program ini juga dijalankan untuk menghindari calo-calo yang selama ini memanfaatkan situasi. "Dengan adanya program ini masyarakat bisa mengerti dan mengikuti peraturan, meskipun bekerja sama dengan Bank BNI,  lamanya pembuatan paspor masih sama yaitu seminggu." pungkasnya (rb-04)