CP: Ada Akun Yang Mengatasnamakan

07 April 2017 - 02:08:42 | 76572 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/06042017/Bandarlampung

----- Dunia maya memang selalu ada dinamika. Ada beberapa pihak yang suka melakukan gangguan ketentraman bermedia sosial, ada yang serius mengandalkan media sosial dan ada yang biasa-biasa saja.

Namun karena kini media sosial (medsos) seolah sudah sebagai kebutuhan berkomunikasi, maka tidak sedikit pejabat di negeri ini yang mulai menggunakan medsos sebagai laman untuk berekspresi dan berinteraksi dengan rekan kerja maupun handai taulan.

Salah satunya Ir. Ahmad Chrisna Putra, kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) provinsi Lampung. “Saya memang suka dengan dunia siber, dan ini media yang paling cepat menyampaikan pesan,” katanya.

Namun beberapa hari terakhir, tak sadar bahwa akun facebooknya dan yang menduplikat. “Saya baru tahu kemarin, kalau ada akun yang mengatasnamakan saya di facebook. Dan saya sudah minta teman-teman agar waspada, jika tiba-tiba saya melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan, itu bukan saya.” Kata CP panggilan akrab Chrisna Putra, kepada detiklampung.com Kamis, 6 April 2017.

Memang sejauh ini ada laporan yang merasa dirugikan atas akun itu. Tetapi Chrisna justru mengimbau agar akun itu segera ditutup. “Saya sudah minta ke teman yang ahli di IT untuk membereskan hal ini. Kalau saya kan cuma user. Jadi ya memang sudah serahkan sepenuhnya kepada ahlinya yang saya percaya,” tambahnya.

CP mengaku tidak tahu motif si pembuat akun tersebut, untuk tujuan apa dan sasarannya kemana. “Lha kok saya yang dibuat kembaran. Untuk apa? Tapi ya sudah yang penting masyarakat segera tahu, mana akun saya yang benar mana yang tidak. Dari bahasanya pasti sudah akan bisa dimengerti, saya kan gak aneh-aneh,” ujarnya.

Dari copy perjalanan akun itu sudah ada yang dirugikan dengan adanya akun palsu itu, yakni seolah-olah CP meminta pulsa dengan alas an Mbankingnya tidak berfungsi dan minta dikirim pulsa dengan janji akan diganti. “Dan semoga gak ada yang akan menjadi korban lagi,” kata CP. (don)