MA Akhirnya Lantik OSO Menjadi Ketua DPD RI

05 April 2017 - 08:35:51 | 459 | PARLEMENTARIA

DL/04042017/JAKARTA

---- Mahkamah Agung (MA) melantik Senator DPD RI Perwakilan Kalimantan Barat, Oesman Sapta Odang yang akrab disapa OSO menjadi Ketua DPD RI, Selasa, 4 April 2017 malam di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan Jakarta.

Senator AM Fatwa (DKI Jakarta) didampingi Senator Riri Damayanti (Bengkulu) memimpin Sidang Paripurna. Dan,  Sekjen DPD RI,  Sudarsono Hardjosoekarto membacakan Keputusan tentang Pimpinan DPD RI Terpilih.Selanjutnya, pembacaan sumpah jabatan dipimpin oleh Wakil Ketua MA, Suwardi yang hadir pukul 19.15 WIB.

Pimpinan DPD RI Terpilih, yakni Senator Oesman Sapta Odang sebagai Ketua DPD, Senator Nono Sampono (Maluku) sebagai Wakil Ketua DPD RI 1 dan Senator Darmayanti Wakil Ketua DPD RI 2.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja sungguh demi tegaknya demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seorang dan golongan,” kata Senator OSO saat membaca sumpah jabatan.

Pelantikan oleh MA itu mengakhiri polemik pemilihan pimpinan DPD yang baru. Padahal putusan MA bernomor 20 P/HUM/2017 sudah menganulir Tata Tertib DPD yang mengatur masa jabatan pimpinan DPD 2,5 tahun.

Sementara, Mantan Ketua DPD RI,  Senator M. Saleh (Bengkulu) tampak hadir dalam pelantikan tersebut. “Show must go on.Pelantikan ketua DPD Pak OSO,” kata Saleh sebelum memasuki ruang Sidang.

Sebelumnya Senator M. Saleh berhalangan hadir dalam Sidang Paripurna yang berakhir dini hari tadi,  karena sakit. Padahal Senator asal Bengkulu itu sempat mendapat dukungan menjadi Wakil Ketua DPD RI.

Menanggapi hal itu Senator M. Saleh mengatakan bahwa ini kan realitas politik, memperdebatkan soal politik, ini kan lembaga politik. Kalau saya bilang. Ya sudah proses politik sudah berjalan mau nggak mau. “Sebuah realita yang mesti kita terima, realitas politik. menurut saya ya semuanya berjalan,” tukasnya.

Menurutnya, proses politik telah berjalan dengan baik, dan ia pun mengucapkan selamat kepada Senator OSO yang  terpilih sebagai Ketua DPD RI. “Saya selaku orang yang digantikan memberikan ucapan selamat. Saya menghormati proses itu,” ungkapnya. (RYAN)