Waspada, Begal Menyamar Jadi Tamu

04 April 2017 - 23:27:04 | 2128 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/04042017/Way Kanan

---- Masyarakat kini mulai harus berhati-hati menerima tamu di rumah. Modus curanmor alias begal ternyata berkembang. Kali ini dengan berpura-pura jadi tamu di rumah korbannya.

Ini terjadi di kabupaten Way Kanan. Tetapi akhirnya dua dari empat pelaku bisa dibekuk anggota Polsek Banjit Kabupaten Way Kanan.

“Pelakunya ada empat orang. Kejadiannya Minggu 2 April 2017 sekitar pukul 15.00 WIB. Tersangka mendatangi rumah korban Nengah Mangun Yase (25) di Kampung Bali Sadhar Selatan Kecamatan Banjit, dengan menyamar sebagai tamu.” kata Kapolsek Banjit AKP Puji Trisno di Mapolsek Banjit, Senin 3 April 2017.

Kedua pelaku masih remaja yakni ML (15) dan AS (16). Keduanya warga Kampung Tanjung Bulan Kecamatan Kasui. Dua lainnya, FA dan AB, yang kabur sudah masuk DPO Polres Way Kanan dan jajaran. 

Sebenarnya korban sudah merasakan  keanehan dengan gerak-gerik keempat tamunya itu. Mereka memperhatikan dan mengamati isi rumahnya. Kemudian melihat terus ke arah motor yang sedang diparkir di halaman belakang rumah. Pelaku pun berbagi tugas. Ada yang mengalihkan perhatian korban dan ada yang beraksi.

“Saat korban lengah, pelaku langsung merusak kunci sepeda motor menggunakan kunci T. Kemudian membawa motor itu keluar halaman. Korban yang kaget melihat motornya dibawa spontan teriak minta tolong sambil berusaha mengejar. Warga sekitar kemudian menelpon kami. Tim Satgas Anti C3 pun bergerak, hasilnya dua dari empat pelaku bisa ditangkap di sekitar kampung itu sekitar 45 menit setelah kejadian,” lanjut papar Puji.

Selain dua pelaku, satu unit motor Yamaha Vega ZR yang dipakai pelaku saat bertamu ikut disita. Sementara motor korban sudah ikut dibawa dua pelaku lain yang kabur. Kedua pelaku serta BB sudah dibawa ke Mapolsek Banjit. Keduanya dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara maksimal tujuh tahun penjara. (ril)