Mustafa: Pemkab Menaruh Harapan Besar Pada DRD

04 April 2017 - 22:58:54 | 1736 | BERITA DAERAH

DL/04042017/Lampung Tengah

----- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah sangat menaruh harapan besar pada Dewan Riset Daerah (DRD) yang terdiri dari banyak disiplin ilmu. Oleh karenanya, Pemkab berharap DRD segera merumuskan inovasi dan berkoordinasi dengan Satker terkait.

Demikian diungkapkan Bupati Lampung Tengah, Mustafa, saat membuka workshop Dewan Riset Daerah, baru-baru ini di Gunung Sugih.

Berkaitan dengan program ronda, Mustafa meminta DRD nenyampaikan hasil-hasil kajian terhadap program yang selama ini telah berjalan tersebut. Disamping untuk evaluasi, kajian DRD juga harus semakin menguatkan program agar terus berjalan dan dikenal di seluruh Indonesia.

“Mari kita wujudkan Lampung Tengah yang benar-benar aman dan terang. Mari kita sampaikan ke seluruh Indonesia bahwa Lampung Tengah aman dan terang lewat program ronda, lewat kerjasama seluruh elemen dan lewat keterlibatan langsung seluruh masyarakat,” kata Bupati.

Di bidang ketahanan pangan, telah ada banyak kreativitas masyarakat yang dibina oleh Pemkab Lamteng. DRD diharapkan berkoordinasi dengan ketahanan pangan untuk membantu sumbang saran dan ide agar hasil kreativitas masyarakat bisa dikenalkan dan dipasarkan dengan baik.

Soal infrastruktur, Mustafa mengatakan luasnya wilayah Lamteng membuat Pemkab sulit membangun secara serentak di seluruh wilayah. Maka yang terbaik adalah pembangunan berbasis desa atau kampung.

DRD diharapkan segera membuat riset mengenai pembangunan jalan kabupaten oleh pemerintah kampung. Jika hal itu bisa dilakukan, setiap tahun akan ada pembangunan jalan kabupaten dan jalan kampung serentak di 301 kampung.

“Selain semua itu, saya juga meminta DRD mengkaji pembenahan Bank Rajasa. Perbaikan manajemennya, siapa yang layak dijadikan direkturnya dan lain-lain. Ada ahli-ahli di DRD yang bisa membantu agar banknya Lamteng ini bisa berjalan baik dan memberikan modal untuk masyarakat,” kata Bupati. (ted)