Senator OSO Pantas Menjadi Ketua DPD RI

04 April 2017 - 22:44:21 | 2214 | PARLEMENTARIA

DL/04042017/JAKARTA

---- Terpilihnyha secara aklamasi Senator Oesman Sapta Odang yang akrab disapa OSO,  melalui mekanisme pemilihan pimpinan yang dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPD RI, sebagai Ketua DPD RI, Selasa, 4 April 2017 dini hari dinilai banyak kalangan memang pantas.

Selain Senator OSO, Rapat Paripurna DPD RI turut memilih Senator Nono Sampono (Maluku) dan Senator Darmayanti Lubis (Sumatera Utara) sebagai Wakil Ketua DPD RI.

“Saya dengan pimpinan DPD yang baru beserta seluruh anggota DPD yang hadir Insya Allah kami akan melaksanakan tugas murni ini dalam turut membangun bangsa,” kata dia.

Adapun pelantikan Oesman Sapta dan dua pimpinan baru DPD akan dilaksanakan Selasa siang dan pembacaan sumpah dipimpin oleh Mahkamah Agung (MA).

“Pemilihan Ketua DPD RI semalam belangsung sah, dihadiri oleh lebih dari 50 persen Anggota. Dengan terpilihnya OSO tentu tidak perlu diherankan karena OSO merupakan tokoh nasional yang berlatar belakang Daerah dan mempunyai visi memperjuangkan kepentingan di Daerah sejak dari cikal bakal DPD RI sebagai Fraksi Utusan Daerah (FUD) di DPR RI dahulu,” tukas Senator DPD RI Perwakilan Lampung, DR. H. Andi Surya kepada detiklampung. com, Selasa, 4 April 2017.

Selanjutnya,  hal yang paling penting ke depan adalah, pertama, bagaimana Senator OSO bisa melakukan upaya mensolidkan seluruh anggota DPD RI melalui alat kelengkapan untuk berjuang menyerap aspirasi daerah menjadi program-program Nasional yang berorientasi pembagunan di daerah.

Kemudian, kedua, melakukan upaya memperkuat kewenangan DPD RI setara dengan DPR RI, terutama terkait bidang legislasi sebagai bagian sistem Check and Balance melalui model Bikameral.

Ketiga, memperbaiki Tatib DPD RI sesuai dengan semangat demokrasi dan reformasi untuk memperkuat DPD RI secara kelembagaan. (RYAN)