Saat Mencari Jet Lee, Paul Tewas Tertembak

04 April 2017 - 10:17:14 | 44631 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/04042017/Bandarlampung

--- Seorang yang diduga bandar Narkoba yang bekerja di gudang Arang desa Pemanggilan kecamatan Natar Lampung Selatan akhirnya tewas ditembus peluru panas petugas Ditresnarkoba Polda Lampung yang melakukan pengerebekan di lokasi, Senin 3 April 2017 sekira pukul 17.00 wib.

Derry Sugianto alias Paul, sangat berani mengelabuhi polisi yang menangkapnya. Paul menciptakan sebuah nama Jet Lee, sebagai pemasok Narkoba di kawasan gudang Arang di desa Pemangilan Natar. Namun ini siasat tersangka untuk mengelabuhi petugas dan modus untuk melarikan diri saja.

Dari rilis yang dikirim dari Humas Polda Lampung, penggerebekan Jet Lee ini merupakan pengembangan dari tersangka Paul yang tertangkap tangan dengan barang bukti 2,5 Kg Sabu-sabu.

Ketika dilakukan pengepungan di lokasi, ternyata tersangka Paul berusaha mengecoh petugas dan melarikan diri, bahkan tidak menghiraukan tembakan peringatan dari Polisi. “Petugas kami sudah memperingatkan agar tersangka menyerah. Namun justru memberikan perlawanan, mendorong petugas dan melarikan diri ke arah sela-sela tumpukan arang. Setelah diberikan tembakan peringatan, masih berlari, petugas memberikan tembakan dua kali dan mengenai bagian punggung tembus ke dada.” Kata Kombes Pol. Sulistyaningsih, Kabid Humas Polda Lampung.

Petugas membawa tersangka ke Rumah Sakit Bhayangkara Rajabasa Bandarlampung, namun sesampai di RS tersnagka tidak tertolong lagi. Saat ini jenazahnya ada di RS Bhayangkara. Dna kini Polisi juga masih memburu orang yang disebut bernama samara Jet Lee itu.

Diintai, Paul Bawa Senpi Rakitan

Rentetan peristiwa penggerebekan Jet Lee ini berawal dari informasi yang dperoleh Kepolisian aka nada transaksi narkoba di kawasan Tugu Raden Intan Hajimena Rajabasa, Bandarlampung, Senin sore 3 April 2017 diperkirakan berlangsung pada pukul 14.00 Wib.

Maka Subdit III Ditresnarkoba Polda Lampung mengirim petugas untuk mengintai kegiatan tersebut. Disinyalir, tersangka menggunakan mobil minibus Xenia hitam berplat nomor BE 1689 CK.

Tim mencari kendaraan tersebut dan ternyata benar ditemukan di sekitar Tugu Raden Intan Rajabasa. Sekitar 1 jam berselang, dating sebuah sepeda motor warna hitam mendekati mobil tersebut dan memberikan bungkusan plastik warna putih. Setelah itu pengendara motorpun pergi meninggalkan mobil Xenia.

Tak lama kemudian mobil Xenia inipun bergerak dari parkirnya. Petugas mengikuti mobil ini yang ternyata mengarah ke kawasan Telukbetung Barat  di perumahan Puri Asri.

Pada saat mobil tersebut berhenti di salah satu rumah, tim langsung menyergap mobil tersebut yang dikemudikan Derry Sugianto alias Paul (38) warga Perumahan Puri Asri Telukbetung dan melakukan penggeledahan.

Ternyata di dalam mobil ditemukan barang di bawah tempat duduk sopir sebelah kanan depan satu bungkus plastik warna putih yang berisikan 3  bungkus makanan ringan berwarna coklat. Setelah dibuka ternyata di dalamnya berisi Narkoba jenis Sabu-sabu dengan berat kurang lebih 2,5 kg.

Petugas langsung menginterogasi Paul, dia menyebut dan mengarahkan kepada seorang yang bernama Jet Lee sebagai pemasoknya di kawasan Desa Pemanggilan Natar.

Dari Paul, Polisi mengamankan barang bukti 2,5 kg Sabu sabu, 1 pucuk senpi rakitan  dengan 4 butir peluru, 1 pucuk senapan angin, 1 pucuk senjata tajam, 1 buah dompet, 2 unit handphone, 1 buah timbangan digital dan mobil yang dipergunakan tersangka.

“Petugas juga sudah berkordinasi dengan pihak keluarga tersangka. Dan sampai saat ini belum ditemukan adanya penyalah gunaan wewenang atau pelanggaran yang dilakukan oleh Subdit III Ditresnarkoba Polda Lampung dalam melakukan penangkapan terhadap tersangka tindak pidana Narkoba tersebut.” Kata Sulis. (ril/don)