OSO, Nono dan Darmayanti, Trio Pimpinan DPD RI

04 April 2017 - 08:53:41 | 1488 | PARLEMENTARIA

DL/04042017/Jakarta

---- Aklamasi, Senator Oesman Sapta Odang (OSO) terpilih sebagai ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dalam Rapat Paripurna DPD RI, Selasa, 4 April 2017 dini hari. Selain OSO, paripurna DPD memilih Nono Sampono dan Darmayanti Lubis sebagai Wakil Ketua DPD.

Rapat Paripurna sejak Senin, 3 April 2017 itu pada awal rapat sempat diwarnai kericuhan dan hujan interupsi dari para Anggota DPD RI terkait polemik Putusan MA. 

“Menetapkan saudara Oesman Sapta sebagai ketua, saudara Nono Sampono sebagai Wakil Ketua 1 dan saudari Darmayanti Lubis sebagai Wakil Ketua 2,” kata pimpinan sementara DPD Rini Damayanti di ruang sidang Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

OSO menuturkan, dia dan dua pimpinan baru lainnya akan berupaya untuk membawa DPD sesuai dengan hati nurani di daerah. “Harapan saya semua pihak dapat memahami apa arti senator yang ditugaskan di pusat ini adalah untuk menjaga dan memperjuangkan kepentingan-kepentingan daerah,” tutur wakil ketua MPR RI itu.

Penetapan OSO sebagai Ketua DPD berjalan amat singkat, tak lebih dari 1 jam 30 menit. Tiba di ruang sidang paripurna sekitar pukul 00.45 WIB, OSO itu sudah ditetapkan sebagai Ketua DPD terpilih pada pukul 02.00 WIB.

Ia bahkan terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari wilayah tengah. Sedangkan untuk wilayah barat diajukan tiga nama dan wilayah timur dua nama.

“Saya dibangunkan tadi, diminta datang untuk ikut serta dalam pertandingan ini dan Alhamdulillah tadi dari (wilayah) tengah dengan aklamasi mencalonkan saya tunggal,” ucap Ketua Umum Partai Hanura itu.

“Saya dengan pimpinan DPD yang baru beserta seluruh anggota DPD yang hadir Insya Allah kami akan melaksanakan tugas murni ini dalam turut membangun bangsa,” kata dia.

Dijadwalkan, pelantikan dan pembacaan sumpah dipimpin oleh Mahkamah Agung (MA)akan dilaksanakan Selasa siang 4 April 2017. (RYAN)