Bambang: Marinir Bernarkoba, Selesai

30 Maret 2017 - 00:15:52 | 2149 | TNI POLRI MEMBANGUN

DL/29032017/Pesawaran

----- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H. Tr. (Han), menegaskan bahwa dalam kamusnya Marinir main-main dengan Narkotika. Jika ini terjadi, seorang prajurit Brigif-3 Mar terkontaminasi narkoba, maka hari itu pula dia selesai.

“Saya tegaskan bahwa jika Anda masih bersinggungan atau bersentuhan dengan Narkoba, maka hari itu pulalah Anda selesai jadi Marinir. Ingat itu. Kita semua Narkoba adalah musuh dunia, musuh tentara, musuh polisi dan musuh kita semua,” tegasnya, saat melakukan Entry Briefing di Piabung, Padang Cermin Pesawaran Lampung, Rabu 29 Maret 2017.

Bambang juga mengancam untuk memberhentikan seorang Komandan yang melindungi anak buahnya yang tertangkap Narkoba. “Jika itu Komandan, dan melindungi anggota yang terjerat Narkoba, maka dia juga selesai. Karena ini hanya akan menjadi benalu bagi pasukan kita dan menghancurkan masa depan kita semua,” tambah Dankormar.

Entry Briefing Brigif-3 Marinir

Kedatangan Dankormar beserta Ketua Gabungan Jalasenastri, Keke Bambang Suwantono, bertujuan untuk melaksanakan entry briefing dengan seluruh prajurit Petarung Harimau Sumatera Brigif-3 Marinir.

Mereka disambut oleh Komandan Brigif-3 Marinir Kolonel Marinir Hermanto S.E., M.M. beserta PG Cabang 7 Jalasenastri, Ny. Haridana Indah Hermanto yang diiringi dengan tarian tradisional Lampung.

Bambang sempat bernostalgia soal lokasi Piabung dan menuturkan pengalamannya di depan prajurit dan undangan yang hadir, saat dirinya menjadi Danyonif-7 Mar sampai dengan Dankormar. 

“ Tahun 2003 saya dilantik langsung oleh Kepala Satuan Angkatan Laut jadi Danyonif-7 Mar pertama, karena Yonif-7 Mar adalah satuan pengembangan organisasi baru di Korps Marinir.  Usai dilantik, saya ijin ke sini untuk melihat calon lokasi Yonif-7 Mar.” ungkap Bambang mengenang masa lalu.

Waktu itu tempat ini sudah ada bangunan, tapi bangunan yang lama tidak ditempati, rumput dan semak-semak belukar seperti di hutan. “Lalu saya foto dan saya laporkan pada Dankormar dan KASAL. Kemudian dikirim pasukan untuk pembersihan sampai rapi dan bersih.” Tambahnya.

Tahun 2011, Bambang diberi kesempatan menjadi Danbrigif-3 Mar. “Dan hanya saya komandan Brigade berasal dari jajaran Brigif-3 Mar, Danbrigif-3 Mar ke 7 dan Danyonif-7 Mar.” ujarnya.

Bambang memberikan penegasan bahwa selama ini dia hanya bekerja, bekerja dan bekerja. “Saya memberikan yang terbaik dimanapun saya berada. Terbaik untuk diri sendiri, terbaik untuk kawan-kawan, terbaik untuk satuan, terbaik untuk Korps Marinir, terbaik untuk TNI AL dan terbaik untuk rakyat.” Ungkapnya.

Percuma Punya Baret

Bambang menegaskan kepada para prajuritnya, bahwa sebagai seorang Marinir harus terus melakukan asah kemampuan dan ketrampilan. Harus melaksanakan latihan, latihan dan latihan.

“Percuma bangga dengan baret, bangga dengan perlengkapan, tetapi tidak mahir dalam pertempuran. Oleh karena itu isi kemampuanmu untuk membekali tugas-tugas kedepan dimulai dari Perorangan, Regu, Pleton, Kompi dan Batalyon.“ Nasihat Bambang.

Seluruh prajurit Brigif-3 Mar harus selalu berorientaskan Brigade terbaik, terbaik untuk Korps Marinir. “Ingat pesan Dankormar sebelum saya, ada 3 hal tuntunan yaitu Profesionalisme, Berkarakter dan Dicintai rakyat. Teruskan itu dan jaga nama baik Brigif-3 Mar.” katanya. 

Selesai pengarahan Dankormar beserta seluruh prajurit Petarung Harimau Sumatera Brigif-3 Mar melaksanakan makan pagi di lapangan Mako Brigif-3 Marinir, menyaksikan penampilan atraksi Marines Junior binaan Brigif-3 Marinir.

Setelah selesai menerima Lapko Dankormar melakukan teleconference dengan seluruh prajurit Yonif-8 Mar yang berada di Pangkalan Brandan dan Yonif-10 Mar di Setoko Batam.

Dankormar beserta rombongan menyempatkan tour facility dengan menggunakan sepeda yang sudah disiapkan untuk meninjau sarana dan prasarana  lapangan Halang Rintang sekaligus menanam pohon Jambu dan pohon Kelapa. Lalu ke lapangan tembak senapan dan meninjau lapangan tembak pistol.

Usai shalat Dhuhur, Dankormar menuju Pantai Marine Eco Park untuk meninjau Mako Yonif-9 Mar, PLP Teluk Ratai dan Mako Yonif-7 Mar yang baru di Klara sebelum kembali ke Jakarta. 

Hadir  pada acara tersebut  Asrena Dankormar Kolonel Marinir Edi Prakoso, Kadismat Kolonel Marinir Hariadi, Aspers Dankormar Kolonel Marinir Endang Taryo Koorsmin Dankormar Letkol Mar Edi Prayitno, para Perwira Staf Brigif-3 Mar, para Dansatlak Brigif-3 Mar dan seluruh prajurit Marinir Petarung Harimau Sumatera Brigif-3 Mar. (ril/don)