Gawat, Lulusan SMP Terancam Putus Sekolah

23 Maret 2017 - 22:24:23 | 351 | PENDIDIKAN

DL/23032017/Bandar Lampung

---- Sinyalemen tentang lulusan SMP di Bandarlampung akan banyak yang putus sekolah datang dari ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi yang melihat fenomena saat ini.

Kekhawatiran warga Bandarlampung yang anak-anaknya akan lulus dari SMP dan tak bisa melanjutkan ke SMA membayangi, lantaran bersoalan bina lingkungan untuk keluarga miskin sudah dihapus.

Kini memang sudah diberlakukan peralihan pengelolaan SMA dan SMK ke provinsi, yang sebelumnya berada di pemerintahan Kota dan Kabupaten.

Dihapusnya bina lingkungan juga menambah kekhawatiran anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk bersekolah di SMA favorit di kota ini. Persaingan yang semakin ketat akan terjadi saat pendaftaran siswa baru sebentar lagi.

Ketua DPRD Bandar Lampung, Wiyadi membenarkan fenomena ini. Menurutnya biaya sekolah swasta yang cukup tinggi mengakibatkan lulusan SMP di kota Bandar Lampung terancam putus sekolah. “Selepas lulus SMP, kemungkinan akan banyak anak putus sekolah, karena sekolah favorit di Bandar Lampung diserbu orang luar kota. Semakin ketat persaingannya. Sementara warga miskin tidak mampu membayar pendidikan di swasta. Jadi ya mereka lebih memilih putus sekolah,” ujar Wiyadi, Rabu 22 Maret 2017.

Menjelang tahun ajaran baru Wiyadi mengupayakan Pemkot dan DPRD akan mencari solusi supaya tidak banyak lulusan SMP yang putus sekolah akibat kesulitan biaya. “Kami akan memikirkan jalan keluarnya ini. Kalau yang kelas 1 dan 2 SMP saat ini kan masih ada yang dibantu bina lingkungan. Kalau yang lain sudah tidak dibantu. Kami cari solusi bersama yang tidak melanggar aturan untuk lulusan SMP yang tidak mampu ini, supaya jangan sampai putus sekolah,” ujarnya. (zai)