Kesempatan, Pelajar Lampung Magang ke Jepang

19 Maret 2017 - 01:15:54 | 1008 | PENDIDIKAN

DL/19032017/Bandarlampung

---- Kesempatan emas terbuka lebar bagi para pelajar Lampung yang berprestasi dan berminat untuk mengambangkan ketrampilannya. Kini dirintis program Permagangan di negeri Sakura, Jepang.

Pemerintah provinsi Lampung sudah menjalin kerjasama ini sejak Februari lalu, tatkala Wakil Gubernur Lampung menerima kunjungan Presiden Direktur IM Japan  Mr. Yanagisawa dalam membicarakan program ini.

Gubernur Lampung menegaskan hal ini melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Hery Sulianto pada Sosialisasi Program Magang Jepang yang digelar di Operation Room Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Rabu, 15 Maret 2017.

Ditegaskan bahwa dalam rangka meningkatkan kompetensi dan memperluas wawasan pelajar di Provinsi Lampung, jajaran Pemerintah Provinsi Lampung bekerjasama dengan Pemerintah Pusat dan stakeholder terkait akan menyelenggarakan Program Magang ke Jepang. 

Program ini akan dibuka bagi para pelajar Sekolah Tingkat Menengah Atas dan Sekolah Tingkat Menengah Kejuruan yang berada di Provinsi Lampung.

“Untuk itu diharapkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dapat berkoordinasi dalam mempersiapkan pelaksanaan program magang ke Jepang tersebut mulai dari membantu pembiayaan dalam proses perekrutan sampai dengan pemberangkatan peserta magang Jepang ke Jakarta,” ujarnya.

Pemerintah sangat menyadari arti penting magang bagi para pelajar di Provinsi Lampung. Apalagi saat ini telah memasuki era Masyrakat Ekonomi Asean (MEA) dimana persaingan menjadi lebih ketat.

Untuk itu pihaknya sangat berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh para pelajar untuk menambah wawasan sebanyak-banyak dan kemudian diterapkan di tanah air.

“Pemerintah Provinsi Lampung menyadari begitu besar manfaat yang diperoleh dari adanya program magang Jepang yaitu menambah pengetahuan dan keterampilan teknik di perusahaan, dan diharapkan  ketika kembali ke tanah air dapat membantu membangun industri di indonesia dan merubah sikap dan etos kerja agar lebih produktif,” tambahnya.

Sebagaimana arahan  Direktur Pemagangan Kementerian Ketenagakerjaan yang diwakili oleh M Saleh menyampaikan bahwa sesuai tugas pokok dan fungsi kementerian tenaga kerja, pemagangan adalah bagian dari pelatihan kerja untuk memperoleh keterampilan dan kompetisi sebagai modal dalam membangun karir di dunia kerja atau dunia usaha.

Acara diakhiri dengan penanda tanganan deklarasi magang jepang oleh Pemerintah Provinsi Lampung, Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Ketua Alumni Magang Jepang Lampung AFEKSI. Acara ini dihadiri oleh sejumlah SKPD Terkait dan Kepala Sekolah SMA/SMK se-Provinsi Lampung. (hmsprov/Sap)