Minat Baca Anak Sekolah Sangat Rendah

08 Maret 2017 - 00:59:19 | 351 | PENDIDIKAN

DL/08032017/Mesuji

----- Entah ini pengaruh dari kemajuan jaman dengan berbagai media yang sudah merasuki anak-anak didik dari segala strata, atau memang ada kecenderungan minat baca yang kian menurun bagi anak didik Indonesia, khususnya di Mesuji.

Ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji, Syamsudin, di SMPN 1 Tanjungraya, Mesuji, Senin 6 Maret 2017.

“Tingi rendahnya minat membaca siswa secara langsung akan menentukan minat membaca masyarakat sebagai stakeholder sekolah itu sendiri, inilah fakta bahwa budaya membaca itu memang belum juga ada di bumi serasan segawe ini.” Katanya.

Syamsudin menegaskan bahwa ternyata belakangan mulai sangat mengkhawatirkan tingkatan minat baca pelajar saat ini. “Untuk melihat rendahnya minat membaca di sekolah  dengan mudah dapat di ukur dari daftar kunjungan siswa-siswi ke perpustakaan sekolah itu sendiri.” Ungkapnya.

Yang memprihatinkan, kata Syamsudin, terbukti tingkat kunjungan siswa-siswi sekolah ke perpustakaan  sekolah secara umum sangat rendah.

“Rata-rata siswa yang mengunjungi perpustakaan di sekolahnya tergolong kecil, perpustakaan  masih belum menjadi tempat yang menyenangkan, pengunjung masih sangat rendah,” jelas Syamsudin.

Syamsudin berharap minat membaca siswa-siswi di Kabupaten Mesuji ini sejajar dengan pendidikan di kabupaten mau pun kota lain yang minat bacanya jauh lebih baik.

 “Dengan adanya kerjasama antara guru dan orang tua serta membuat kegiatan yang rekreatif dan edukatif, diharapkan dapat membangun minat baca di kalangan siswa siswi sekolah,” Tambah syamsudin.

Dia menambahakan, bagaimana bangsa bisa cerdas, jika setiap pelajarnya enggan untuk membaca.  “Tinggi rendahnya minat baca suatu bangsa amat menentukan  kualitas sumberdaya manusia, sedangkan kualitas sumberdaya manusia sangat menentukan perkembangan suatu bangsa itu sendiri.” Ungkapnya. (sup)