Tips Sederhana Membuat Rumah Terhindar Banjir

26 Februari 2017 - 17:23:34 | 270 | IPTEK

DL/26022017/Jakarta

---- Memasuki musim penghujan seperti ini, ancaman banjir memang selalu menghantui, apalagi pada daerah yang kerap menjadi langganan banjir, saat banjir menerjang hal yang paling dikhawatirkan adalah keselamatan pemilik rumah dan rusaknya beberapa bagian dari rumah.

Jika memang Anda tidak memiliki banyak biaya untuk merenovasi rumah, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah air banjir masuk ke dalam rumah, berikut ini adalah beberapa tipsnya dari portal properti global Lamudi.  

Membuat Tanggul

Sebenarnya hal utama yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir adalah merenovasi rumah dengan menaikkan lantai, namun jika Anda tidak memiliki cukup biaya untuk melakukannya Anda bisa membuat tanggul di depan teras atau pintu masuk rumah. Tanggul tersebut bisa berupa papan yang dipaku atau tumpukan karung-karung pasir. Dengan membuat tanggul ini Anda dapat menghalau air ketika banjir datang.  

Cek Saluran Pembuangan

Nah, agar air tidak tergenang saat hujan datang, sudah selayaknya Anda memeriksa saluran pembuangan air di rumah, periksa dengan seksama apakah di dalam selokan terdapat sampah yang dapat menyumbat  pergerakan air.

Menutup Lubang Drainase

Biasanya air akan masuk melalui lubang drainase atau lubang kamar mandi, untuk menghindari hal tersebut Anda bisa menutupnya dengan kain atau lilin, Memang hal ini tidak semerta-merta akan mencegah banjir namun minimal akan menghambat datangnya air.    

Menanam Tanaman Penyerap Air

Menanam tanaman penyerap air juga bisa dijadikan solusi untuk mengurangi dampak banjir, ada beberapa jenis pohon yang dikenal dapat menyerap air dengan baik yakni pohon bambu, pohon jati, rumput akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa, hingga palem putri. (adv)