YPGL Ajak Kita Peduli Fahmi

24 Februari 2017 - 21:22:29 | 2970 | KESEHATAN

DL/24022017/Bandarlampung

------ Siapakah sebenarnya Fahmi yang dimaksud, sehingga pembaca diajak untuk peduli. “Ini soal kemanusiaan,” kata Firman, dari Yayasan Peduli Generasi Lampung (YPGL).

Rilis ini dishare luas di grup WatchApp, Jumat 24 Pebruari 2017, dengan tujuan untuk mendapatkan simpati dan dukungan banyak pihak.

Fahmi Nur Azis, adalah seorang anak berusia 2,5 tahun. Anak dari pasangan keluarga Fahrul dan Zubaidah warga  Gang Kenanga, Desa Talangraman, Kebun kelapa, Kelurahan Banding Agung, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus.

Fahmi kecil adalah penderita Retina Blastoma (Tumor Mata) yang kini sedang dalam perawatan Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek (RSUAM) Bandarlampung. Ini masuk dalam kategori Tumor ganas, dan harusnya sudah cepat ditangani dengan tindakan chemo.

Menurut orang tuanya, Fahmi telah menderita tumor mata sejak berusia 1,5 tahun, namun karena tidak segera ditangani medis akhirnya tumor yang bersarang di mata kanan Ilham sudah mendorong bola matanya keluar. Bahkan mata sebelah kirinya pun sudah mulai terindikasi adanya tumor tersebut secara dini.

“Kami tidak kuat untuk membiiayai pengobatannya. Sekiranya saat masih gejala dini lekas ditangani seperti nampak selaput putih di bagian bola mata yang hitam, tentunya kondisinya tidak akan separah saat ini.” Kata orang tua Fahmi.

Firman, dari YPGL menegaskan bahwa pihaknya segera elakukan pendampingan secara intensif untuk Ilham. “Kami dan relawan YPGL sedang berusaha melakukan pendampingannya. Dan mengupayakan agar pihak dokter segera membuat surat rujukan bagi Ilham kecil ini agar ditangani di Jakarta. Karena penanganan intensif belum bisa dilakukan di daerah, disebabkan keterbatasan peralatan medis. Harus dirujuk ke RS di Jakarta,” kata Firman.

Menurut kondisinya yang ada sekarang sudah sangat parah dan membahayakan jiwa pasien dan seperti kasus sebelumnya pasien retina blastoma belum bisa ditangani di rumah sakit daerah karena terbatasnya peralatan medis.

“Untuk meringankan beban keluarga Ilham yang akan melakukan pemeriksaan di Jakarta, makan TPGL akan memberikan layanan rumah singgah pasien di Jakarta yang langsung dikelola YPGL.

Seperti tagline kami, we care, we do, we share. Maka kami mengajak masyarakat untuk sama-sama peduli untuk Ilham ini,” tambahnya. (don)