Zainudin Perintahkan PU Atasi Saluran Air

23 Februari 2017 - 01:10:24 | 1145 | BERITA DAERAH

DL/22022017/Kalianda

----- Banjir yang melanda wilayah Lampung Selatan, tak menyurutkan Bupati Zainuddin Hasan untuk terus berkegiatan di berbagai lokasi.

Usai melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Bakauheni dan Ketapang, Zainudin Hasan bergegas meninjau lokasi rumah warga yang menjadi korban banjir di Kecamatan Ketapang.

Zainudin meninjau langsung lokasi Desa Pematang Pasir dan Desa Way Sidomukti yang sempat terendam banjir akibat hujan lebat yang terjadi pada Selasa 21 Februari 2017 dini hari.

Bupati sempat menyerahkan bantuan berupa tali asih kepada salah seorang warga yang rumahnya terendam oleh banjir. Banjir tersebut terjadi akibat luapan air dari Irigasi Kaliasin yang tidak mampu menampung debit air dari intensitas air hujan yang tinggi, sehingga turun kepemukiman warga.

Atas persoalan tersebut, Zainudin langsung memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Lampung Selatan untuk segera memperbaiki sistem pengairan yang ada di tempat itu, agar tidak terjadi banjir susulan, yang akhirnya merugikan warga sekitar.
“Nah, ini persoalannya. Jadi tolong Dinas PU benahi sistem pengairannya, supaya tidak terjadi lagi banjir disini,” kata Zainudin.

Bila perlu, agar diturunkan alat berat, agar irigasi yang ada di perdalam, sehingga dapat menambah cakupan tampungan air. “Kalau bisa, diperlebar dan diperdalam, minimal dapat menampung debit air yang banyak,” tukasnya. (Hrs)