Walikota Metro Temui Tokoh Agama

14 Februari 2017 - 08:54:13 | 2160 | BERITA DAERAH

DL/14022017/Kota Metro

---- Untuk menjaga suasana kondusif, rasa aman dan nyaman antar umat beragama, Walikota Metro Ahmad Pairin melakukan temu tokoh dan pemuka  agama. Kegiatan ini dilakukan berkat masukan dari berbagai pihak yang menginginkan terciptanya situasi kondusif di wilayah kota Metro.

Acara tersebut digelar di Guest House Rumah Dinas Walikota dan dihadiri oleh, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat dan Ulama serta Umaroh, Wakil Walikota Metro, Plt .Sekda, Kapolres Metro beserta jajaran, Para Staf Ahli, Para Asisten, kepala SKPD, Kepala Kantor Kemenag Kota Metro, Kepala Satker , Danramil se-kota Metro, Ketua MUI, Camat serta Pimpinan Pondok Pesantren se-kota Metro. 

Achmad Pairin mengatakan, pentingnya menjaga kondusifitas Kota Metro. Pihaknya berharap Kepolisian dan Kementerian Agama Kota Metro untuk dapat bekerjasama, berkumpul bersama guna memecahkan masalah kamtibmas di Kota Metro.

“Mari bersama-sama menjaga silaturahmi persaudaraan, menjalin keharmonisan, menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, menjaga keamanan di Kota Metro, dan mari bersama-sama untuk menjaga nama baik Kota Metro pada khususnya,” kata Pairin.

Sementara, Kapolres Metro AKBP Ralli Muskitta mengatakan, kegiatan seperti ini kiranya menjadi agenda rutin  guna terjalinnya silaturahmi dan komunikasi antar elemen masyarakat sehingga tercipta situasi kondusif di Kota Metro.

Ralli menegaskan, bahwa NKRI berdiri di atas berbagai keberagaman dan pluralisme. Dimana berbagai keberagaman dan pluralisme tersebut dapat mendatangkan dualisme. 

Keberagaman dan pluralisme tersebut jika dapat dikelola dengan benar, maka yang kita dapat adalah hikmah. Hikmah yang didapat yakni berbagai macam bahasa, suku, juga budaya.

Terjadinya  gesekan dan konflik di tengah-tengah masyarakat karena tidak adanya rasa hormat menghormati serta lunturnya rasa persatuan dan kesatuan. Namun itu semua dapat dilalui dengan satu kesepakatan, yakni kesepakatan untuk menegakkan toleransi keberagaman. Dalam hal ini tokoh agama dan alim ulama turut berperan penting dalam terciptanya keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“ Dengan adanya acara kumpul bersama ini kita dapat membuka komunikasi bahkan saling berinteraksi yang merangsang sinergitas dalam menyelesaikan persoalan bangsa yang ada di negara kita,” tegas Ralli. (Igun)