SMAN 1 Metro Sosialisasi SNMPTN

04 Februari 2017 - 12:17:56 | 729 | PENDIDIKAN

DL/04022017/Kota Metro

----- Sekolah menengah atas Negeri (SMAN) 1 Metro, menggelar acara sosialisasi SNMPTN 2017 bagi siswa-siswi kelas XII yang dihadiri oleh orang tua murid di aula sekolah tersebut pada, Jumat 3 Pebruari 2017.

Pada kesempatan itu, pihak sekolah mengundang panita Pusat SNMPTN dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Dr. Sunardi dan panitia Lokal dari Universitas Lampung (Unila) Moneyzar Usman SE,Msi.

Dalam paparannya, Sunardi menjelaskan,beberapa tahapan yang musti dilalui oleh para siswa-siswi kelas XII yang telah lulus dan ingin melanjutkan keperguruan tinggi mengikuti SNMPTN yaitu, jalur prestasi akredetasi A, 50 persen siswa terbaik di sekolahnya, akreditasi B 30persen terbaik di sekolahnya, Akreditasi C 10 persen terbaik di sekolahnya dan Akreditasi D 5 persen terbaik di sekolahnya.

Menurut Sunardi, deskripsi pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN 2017, tiga jalur yang harus dilalui yaitu SBMPTN, PBT dan CBT perbaikan hal ini diterapkan secara nasional.
“Bagi para pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 PTN apabila memilih 2 PTN, maka salah satu PTN harus berada di Provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Apabila memilih satu PTN  maka PTN yang dipilih dapat berada di Provinsi manapun,” jelas Sunardi.

Sementara, kepala SMAN 1 Metro, Supami, mengatakan pentingnya sosialisasi bagi para siswa-siswi dan orang tua terkait SNMPTN  agar mereka nantinya tidak ragu dalam menentukan pilihan guna melanjutkan pendidikan kejejnjang perguruan tinggi.

Menurut Supami, untuk lulusan 2017 ini, Sebanyak 268 siswa. 20 siswa diantaranya merupakan lulusan program 2 tahun lulus.

“ Kami menyadari masih sangat sedikit sekali pengetahuan siswa maupun orang tua tentang informasi masuk SNMPTN, untuk itu kami berinisiafif mengadakan sosialisasi dan mengundang panitianya langsung baik dari pusat maupun panitia lokal. Hal ini agar orang tua maupun siswa yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi tidak ragu-ragu lagi dan faham akan tahapan-tahapanya,” kata Supami.

hal senada juga diungkapkan oleh pihak komite sekolah yang diwakili  suptiyadi,menurutnya, dengang adanya SNMPTN kesempatan untuk masuk perguruan tinggi negeri lebih terbuka dan makin banyak menyerap mahasiswa baru dari SMAN 1 Metro.

“Kebanyakan para siswa masih belum memahami bagaimana masuk perguruan tinggi negeri sehingga merasa takut gagal lebih mendominasi bagi para siswa maupun orang tua,” tandasnya. (Igun)