Pepadi Lampung – Delta TV Siap Produksi Wayang Dalang Cilik

02 Februari 2017 - 02:31:23 | 2390 | SENI & BUDAYA

DL/02022017/Bandarlampung

---- Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) provinsi Lampung akan bekerjasama dengan Delta TV Lampung untuk memproduksi sebuah program regenerasi kesenian adiluhung Indonesia, Wayang Kulit, dengan dalang-dalang cilik yang dibina di provinsi Lampung.

Program ini akan mengambil tema Wayang dan Karakter di Masyarakat yang akan ditayangkan dalam bentuk program televisi berjaringan dengan durasi 3 jam.

Dalam pertemuan pembahasan program ini, Prof. Sugeng P. Haryanto dalam kapasitasnya sebagai ketua Pepadi Lampung mengatakan bahwa gagasan ini muncul dalam pembicaraan yang singkat, namun akhirnya ditindaklanjuti dengan serius.

“Ini gagasan yang bagus untuk Indonesia. Bukan sekedar untuk Lampung atau kesenian Wayang Kulit saja. Beberapa kesenian asli Indonesia yang ternyata tidak diurus dengan benar dan akhirnya diklaim sebagai milik orang lain, menjadi bahan pertimbangan penting, kenapa program ini saya setujui,” ujarnya Sugeng di kediamannya, belum lama ini.

Sugeng didampingi Sudardi pengurus Pepadi Lampung menginginkan ini segera diproduksi dan bisa ditayangkan sebagai bentuk program yang diharapkan menjadi tuntunan bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

“Saya ingin, mengenalkan budaya Indonesia ini kepada anak muda secara detail. Sehingga, anak-anak kita mengenal lebih dekat dengan budaya sendiri. Kalau kita sendiri yang tua-tua ini tidak peduli hal-hal demikian, maka jangan menyesal jika 10 hingga 20 tahun mendatang, kesenian kita pindah ke Eropa atau negeri Asia lainnya,” ungkapnya serius.

Mantan rektor Universitas Lampung itu menegaskan akan segera melakukan pertemuan dengan pengurus inti untuk segera menyiapkan segala sesuatunya tentang produksi ini. “Saya minta pak Dardi dan kawan-kawan segera siapkan ini dan berkoordinasi dengan tim Delta TV,” tegasnya.

Dalam program dalang cilik ini, Sugeng menegaskan bahwa ada 10 dalang cilik asli Lampung yang disiapkan untuk ini. “Ada kalau 10 anak yang siap tampil. Dan kami sudah melakukan inventarisasi di seluruh daerah kabupaten dan kota. Termasuk di Lampung Barat dan Way Kanan, yang malah lebih produktif membina seniman cilik.” Kata Sekretaris Jenderal Lampung Sai ini.

Sementara itu Agus Thiono, Station manager Delta TV menyata siap untuk memproduksi dan menayangkan program ini di Delta TV dalam waktu dekat. “Kami sudah sepakat untuk memberikan ruang yang cukup untuk kesenian daerah dan beberapa kearifan lokal di slot acara televisi berjaringan kami. Maka kerjasama dengan Pepadi ini menjadikan momentum bagi kami untuk mengerjakan lebih banyak program kedaerahan di Lampung ini,” ungkapnya.

Sesuai dengan kesepakatan, maka dijadwalkan untuk segera melakukan produksi program ini di pertengahan bulan Februari 2017. “Pertengahan Februari akan disiapklan 4 episode dulu, dan direncanakan akan tayang pada pukul 19.00 hingga 22.00 wib. Harinya kami masih mengkaji dengan tim, disesuaikan dengan program yang juga sudah diproduksi sebelumnya,” tambah Agus.

Agus menegaskan bahwa ada 4 program baru berdurasi satu jam yang sedang diedit dan siap segera ditayangkan. “Kami sedang menyiapkan 4 program baru disamping yang sudah ada sekarang untuk memenuhi slot pola siar kami dari pusat. Mohon doanya semua berjalan lancar.” Ujarnya. (don)