X

*** TERIMA KASIH ANDA TELAH SAKSIKAN DETIKLAMPUNG STREAMING TV SETIAP HARI ***      *** Video on Demand kami siapkan atas saran & permintaan masyarakat pembaca setia detiklampung.com *      MOHON MAAF SELAMA SEPEKAN, KAMI TIDAK DAPAT DIAKSES KARENA SEDANG ADA PERBAIKAN. NAMUN SAAT INI SUDA      

Mustafa Upayakan Petani Singkong Tak Merugi

  • dibaca 1023 kali

    DL/01022017/Lampung Tengah

    ---- Bupati Lampung Tengah Mustafa menegaskan akan terus memperhatikan nasib para petani, terutama yang saat ini bertanama Singkong, karena harga Singkong yang tak kunjung membaik dalam beberapa bulan terakhir.

    Ini tentu membuat Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa terus berupaya mencari solusi agar petani tidak merugi. “Harus dicari jalan keluarnya yang bijaksana, agar petani kita tak merugi terus menerus,” kata Mustofa.

    Tak hanya memperjuangkan suara rakyat ke Menteri, Mustafa juga akan menggerakkan petani Singkong untuk mengolah Singkong menjadi beras, sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi.

    Produk yang sudah dibuat yakni Nasi Tiwulku, Beras Siger dan Berasku Sehat yang merupakan produk inovasi technopark dengan bahan dasar Singkong dan Jagung.

    Beras sehat ini merupakan hasil penelitian mendalam dari badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT) Kampung Selusuban Kecamatan Seputih Agung.

    Dengan produksi 1 ton per harinya, Mustafa berjanji akan menggenjot penjualan beras singkong asal Lampung Tengah lebih luas lagi.

    Petani, kata dia, juga akan diberikan pelatihan untuk bagaimana memproduksi beras singkong dan olahan lainnya. Ia meyakini, beras singkong menjadi alternatif efektif mengatasi anjloknya harga singkong saat ini.

    “Selama ini petani menjual singkong mentah ke pabrik. Ketika harganya anjlok, petani seolah tak punya harapan dan akhirnya berimbas pada ekonomi mereka. Kini sudah saatnya petani berinovasi dengan membuat olahan yang lebih variasi, menarik dan mempunyai nilai jual yang lebih baik,” ungkap Mustafa saat meninjau pengelolaan beras Singkong, Senin, 30 Januari 2016.

    Ia berjanji akan memasarkan beras singkong ini ke pasar yang lebih luas lagi bahkan ekspor ke luar negeri. (ted)

  • Berita Terkait

  • Hatrik Penghargaan WTN Untuk Lampura

    Kofifah: Warga Tak Perlu Ngantri Cairkan Bantuan

    Lampung Selatan Terima Penghargaan Wahana Tata Nugraha

  • Belum Ada Komentar

  • Isi Komentar