RSUDAM Terakreditasi Tingkat Paripurna

22 Desember 2016 - 09:38:58 | 405 | KESEHATAN

DL/22122016/Bandarlampung

---- Sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima, cepat, tepat dan sesuai harapan masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek terus melakukan perubahan RSUD Sahabat Masyarakat Menuju Lampung Sehat sehingga Badan Independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menetapkan RSUDAM pada tahun 2016 Terakreditasi pada tingkat Paripurna versi 2012. 

Akreditasi tersebut dalam rangka mengemban amanah Pasal 40 Undang Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Diamanatkan dalam UU tersebut bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali. 

Adapun penilaiannya berorientasi pada pasien mulai masuk sampai keluar dibuktikan semua sesuai standar prosedur operasional. 

Demikian disampaikan Dirut RSUDAM Dr. Heri Djoko Subandriyo, M.K.M kepada Kadis Kominfo Provinsi Lampung pada Selasa 20 Desember 2016 di ruang kerjanya. 

Dr. Heri menjelaskan bahwa Akreditasi tersebut bukannya tidak beralasan, mengingat dukungan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo sangat tinggi terhadap Rumah Sakit ini.

Gubernur berharap RSUDAM merupakan rujukan terakhir bagi masyarakat Provinsi Lampung yang memerlukan perawatan dan pengobatan. Dengan dukungan penuh dari Gubernur. maka pada tahun 2016 telah memiliki peralatan cukup canggih antara lain Ct Scan 128 Slice, Bronkos copy, Anastesi, Vintilator, Laparos copy, Infant Inkubator.  Disamping itu juga Mobil Ambulan  Very Very Infortant Person (VVIP). 

“Dari segi sumber daya manusia, RSUDAM telah memberikan kesempatan kepada pada dokter spesialis untuk menempuh pendidikan konsultan.” ujarnya. 

Menurut Direktur Umum dan Keuangan RSUDAM, Ali Zubaidi, pada tahun 2016 fasilitas fisik yang telah selesai dibangun antara lain Gedung Administrasi Terpadu, Gedung pelayanan THT, Mata dan Kemotherapy juga pembangunan Gedung Rawat Inap (Kebidanan) tahap II dan Pembangunan perluasan Gedung Bedah Central dan Intensif Terpadu. 

“Disamping itu gedung yang sudah tidak nyaman untuk ditempati juga perlu dilakukan perawatan/rehabilitasi. Pada tahun 2016 telah direhab gedung perinatologi, rawat inap dan instalasi penunjang lainnya.” Kata Ali. 

Masih menurut Ali Zubaidi yang juga mantan Karo Perlengkapan dan Aset Pemprov Lampung, RSUDAM sebagai layanan masyarakat tentu masih belum dapat memuaskan berbagai pihak untuk itu pada tahun 2017 telah diprogramkan pengadaan peralatan canggih lainnya. “Sehingga harapan Pak Gubernur RSUDAM sebagai rumah sakit setaraf internasional dan merupakan rujukan terakhir dapat terpenuhi.” Ujar Ali Zubaidi. (IP-KOM)