Lampung Fashion Week, Dorong Pariwisata

25 November 2016 - 11:33:51 | 378 | SENI & BUDAYA

DL/25112016/Bandarlampung

---- Tiga puluh dua Desainer yang tergabung dalam Dekranasda Kabupaten/Kota dan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia(APPMI) memeriahkan Lampung Fashion Week 2016 di Mall Boemi Kedaton Bandarlampung, Kamis, 24 November 2016.

Gubernur Lampung melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan & SDM, Theresia Sormin dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Lampung Fashion Week 2016.

Selain untuk mempromosikan seni Fashion Lampung berupa keragaman Ornamen Budaya Lampung juga sebagai wahana untuk memperkenalkan para pelaku ekonomi kreatif Lampung atas karya-karyanya yang selalu terus berkembang.

Provinsi Lampung memiliki keindahan dan keragaman Ornamen Budaya Lampung yang dapat diaplikasikan dan menjadi inspirasi untuk berbagai produk-produk kreatif salah satunya adalah ke dalam Seni Desain dan Fashion.

“Sehingga jika terus digali dan dikembangkan akan menambah berbagai koleksi Kreatif bernuansa Budaya Lampung. Terkait dengan potensi seni budaya yang beranekaragam, Pemerintah Provinsi Lampung akan terus mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan kerajinan berkreasi. Sehingga produk-produk yang bermutu dan unik khususnya yang terkait dengan industri Fashion semakin diminati oleh masyarakat,” kata Theresia.

Diharapkan pagelaran fashion yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Lampung, pendapatan masyarakat dapat semakin meningkat.

Lampung Fashion Week 2016 selain dapat memberikan hiburan bagi masyarakat juga dapat memberi kesempatan belanja khususnya pada karya-karya desainer Lampung yang digelar pada hari ini.

Ir. Choiriya Pandarita, MM Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung menyampaikan, Sektor Ekonomi Kreatif diharapkan sebagai salah satu penggerak Iajunya pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Lampung.

Untuk itu dalam rangka pengembangan Ekonomi Kreatif di Provinsi Lampung guna meningkatkan jumlah kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang Desain Fashion pakaian diperlukan langkah-Iangkah yang dapat mendukungnya.

Begitu banyak potensi para Desainer Fashion di Lampung yang terus berkembang dan memiliki ciri khas dari masing-masing desainnya yang diharapkan dapat digemari oleh seluruh lapisan masyarakat.

Maksud diselenggarakannya Lampung Fashion Week 2016 adalah sebagai wahana bagi para desainer Lampung untuk berkreatifitas menampilkan maha karyanya menuju ke tingkat Nasional bahkan sampai ke tingkat Internasional.

“Dengan menggelar karya para Desainer Lampung hasil rancangan dapat terpublikasi. Sehingga bisa menjadi alternatif masyarakat untuk memilih karya rancangan yang terbaik. Selain itu Fashion Week mengenalkan keanekaragaman seni budaya Lampung yang dipublikasikan ke dalam tatanan Ornamen Fashion serta menjadikan Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang destinasi dan inspirasi Fashion Sumatera,” kata Pandarita.

Lampung Fashion Week 2016 dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardho, Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Hj. Hasiah Bachtiar Basri, Anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) Ibu Sri Darmi Sandjojo dan Ibu Marifah Hanif Dhakiri. (Ref)