Hermanto: Jangan Segan Tegur Anggota Marinir Yang Melanggar

22 November 2016 - 20:30:25 | 297 | BERITA DAERAH

DL/22112016/Pesawaran

---- Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir Kolonel Marinir Hermanto, S.E., M.M. memimpin upacara pengukuhan Komandan Batalyon Infanteri-9 Marinir di Mako Yonif-9 Marinir Batu Menyan Padang Cermin Pesawaran Lampung, Selasa 22 November 2016.
Dalam upacara pengukuhan yang sederhana dan penuh khidmat tersebut diawali dengan serbuan dari Prajurit Yonif-9 Mar terhadap sasaran.

Setelah sasaran berhasil direbut selanjutnya para prajurit dengan rapi berbaris menjadi pasukan upacara dengan Komandan Upacara Kapten Mar Wahid Purwadi yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Kompi H (Harimau Putih) Yonif-9 Mar.

Adapun yang akan akan melaksanakan pengukuhan jabatan Danyonif-9 Mar adalah Letkol Marinir Budi Santosa, S.E., M.Tr (Han), M.Tr. Hanla yang sebelumnya sebagai Danden 2 Group B Paspampers Mabes TNI.

Hermanto, dalam amanatnya menegaskan bahwa selama hampir 5 bulan terjadi kekosongan jabatan komandan batalyon.  “Beberapa saat yang lalu telah kita saksikan bersama jalannya pengukuhan jabatan Komandan Batalyon Infanteri-9 Marinir yang selama hampir 5 bulan terjadi kekosongan jabatan Komandan Batalyon,” katanya.

Harus dipahami bersama bahwa pengukuhan jabatan Komandan Batalyon Infanteri-9 Marinir memiliki makna yang sangat luas dan pada hakekatnya merupakan bagian penting sebagai suatu tahapan proses kaderisasi kepemimpinan di lingkungan Brigade Infanteri-3 Marinir sekaligus menjadi catatan dalam perjalanan sejarah organisasi Batalyon Infanteri-9 Marinir.

Melalui pengukuhan jabatan ini tentunya diharapkan akan muncul ide – ide segar untuk lebih membangun semangat baru dalam lingkungan Batalyon Infanteri-9 Marinir khususnya dan Brigif-3 Marinir pada umumnya.

Batalyon Infanteri-9 Marinir merupakan satuan pelaksana yang berada dibawah langsung komando, Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan dan membina kekuatan serta kemampuan unsur – unsur tempur Marinir dalam pelaksanaan operasi Amfibi dan tugas tempur lainnya dalam konteks Operasi Militer Perang (OMP) serta mampu melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Pada aspek pembinaan personel, saya berharap peran Komandan Batalyon supaya lebih difokuskan untuk memantapkan identitas serta jati diri prajurit Yonif-9 Marinir sebagai prajurit petarung yang profesional. Tentunya kita berharap Yonif-9 Marinir dapat memberikan konstribusi positif bagi masyrakat kota Lampung dan sekitar. “ tambahnya.

Selanjutnya pada kesempatan ini kepada seluruh unsur forum komunitas pimpinan daerah maupun pimpinan TNI dan Polri yang ada di Lampung agar tidak segan-segan menegur, apabila ada prajurit Yonif-9 Marinir yang melakukan pelanggaran karena hal tersebut dapat dipastikan dapat mencemarkan nama baik Korps Marinir TNI AL dan TNI.

Komandan Brigade Infanteri-3 Marinir menyampaikan selamat kepada Letkol Marinir Budi Santosa, S.E., M.Tr (Han), M.Tr. Hanla atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pemimpin Korps Marinir, sebagai Komandan Batalyon Infanteri-9 Marinir yang baru.

Kepada Nita Indriastutik semoga ibu dapat mencurahkan waktu dan perhatian untuk meningkatkan peran isteri-isteri dan prajurit dan mau peduli terhadap apa yang terjadi terhadap organisasi Jalasenastri serta keluarganya dilingkungan Batalyon Infanteri-9 Marinir.

Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Khusus Wakil Presiden R.I.  Marsekal Muda (Purn) Pieter Watimena, KA. Inkopal Lampung Kolonel Laut (Purn) Sudiono, Wakil Bupati Pesawaran Eriawan, S.H., Para unsur Muspida/Muspika, Para Dansatlak Brigif-3 Mar, Para Perwira Staf Brigif-3 Mar dan Para Perwira di jajaran Brigif-3 Marinir. (rel/ip)