Anna Morinda: LKS SMK Ajang Bergengsi

10 November 2016 - 00:31:20 | 486 | BERITA DAERAH

DL/09112016/Kota Metro

---- Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) adalah agenda rutin yang diadakan oleh pemerintah daerah Kota Metro, melalui Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga. LKS diadakan dalam rangka untuk mengukur kompetensi siswa SMK di berbagai jurusan yang ada.

 Hal ini juga sudah menjadi agenda rutin tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud R.I ). Selanjutnya, Pemenang lomba akan berkompetisi lagi pada tingkat provinsi dan nasional bahkan Internasional.

Automobile Technology atau Automotive merupakan bidang yang paling bergengsi. Pasalnya, peserta dituntut menguasai 5 bidang  Kemampuan yaitu,  Electrical Fuel Injection (ETU), Electrical Body, Brake System, Transmission dan Engine Mechanical dan peserta melakukan praktik langsung di kendaraan  sesuai dengan standar LKS Tingkat Nasional.

Ketua dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Metro mengaku sangat bangga dengan terselenggaranya lomba kopetensi siwa (LKS) tingkat  kota Metro.

Dengan adanya lomba LKS  Tecnology Automotif sebagai modal bagi siswa siswi serta remaja guna menghadapi persaingan dunia kerja di era globalisasi dan MEA.

Tidak hanya itu, Anna juga mendorong kepada para dewan guru untuk terus menciptakan inovasi baru dalam menggali potensi siswa-siswinya agar mampu bersaing di kancah Nasional dan Internasional.

“Ini merupakan modal awal bagi kita semua untuk menyiapkan generasi muda kita dalam kancah globalisasi dan MEA. Bukti nyata putra-putri kita telah siap bersaing dan siap kerja,” jelas Anna.

Tidak hanya itu, lomba LKS TA merupakan lomba yang sangat bergengsi karena menggunakan standar Nasional dimana soal yang diujikan memakai bahasa Inggris.

Ini satu bukti bahwa generasi muda kita sudah mampu bersaing dalam kancah Internasional. Menurut Anna, sudah banyak siswa-siswi SMK di Kota Metro yang berhasil menorehkan prestasi gemilang baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Satu bentuk support kita terhadap dunia pendidikan khususnya di Kota Metro, setiap ada perjalanan dinas keluar daerah kita selalu sampaikan bahwa potensi pendidikan di Kota Metro sangat bagus. Selain itu, kita juga memiliki dewan guru atau tenaga pendamping dalam bidang teknologi yang mumpuni dan handal,” ungkapnya.

Sementara, Ali Rosad selaku kordinator lomba LKS Automotive mengatakan, kegiatan dilaksanakan pada Senin 7 November 2016 di SMK KP Gajahmada 1 Metro.  Untuk tahun ini lomba diikuti oleh 6 SMK dari 9 SMK Automotive yang ada di Kota Metro.

 “Juri lomba LKS Automotive berasal assesor yang sudah berpengalaman di dunia otomotif berasal dari dealer Astra Daihatsu dan Toyota AUTO 2000 Bandar Lampung,” Kata Ali.

Ali Rosad mengaku, LKS Automotive tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta, pada 2015 lalu hanya 4 peserta yang mengikuti di 2016 menjadi 6 peserta.  

Ali berharap, tahun depan Pemerintah Daerah Kota Metro melalui Dinas Pendidikan dan DPRD Kota Metro lebih mensupport lagi kegiatan lomba LKS Tecnology. Terutama soal pendanaan, karena  kriteria dan sarana prasarana lomba Automotive sudah mengacu kepada standar LKS tingkat nasional.

“Kami Panitia, peserta dan pendamping lomba merasa bersyukur dan berterima kasih karena disela-sela pelaksanaan lomba kami kedatangan rombongan pejabat Kota Metro diantaranya ketua DPRD Kota Metro Hj. Anna Morinda, SE, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo, Kepala MKKS SMK Kota Metro Drs. Hi. Sutarman, MM serta beberapa kepala SMK. Kedatangan beliau-beliau memompa semangat peserta LKS Automotive,” tandasnya. (Igun)