PATBM Natar Kampanye Perlindungan Anak

01 November 2016 - 01:28:04 | 3537 | BERITA DAERAH

DL/31102016/Bandar Lampung

---- Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Desa Natar mengadakan kampanye perlindungan anak dengan mengadakan jalan sehat Minggu, 30 Oktober 2016 yang diikuti ribuan peserta, serta Donor Darah denga ratusan masyarakat  di wilayah Natar.

PATBM adalah program dari Kementrian Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia yang dilaksanakan di 34 provinsi dan 168 kabupaten di seluruh Indonesia termasuk untuk provinsi Lampung di Bandar Lampung dan Lampung Selatan.

Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan menetapkan Desa Natar dan Way Galih menjadi lokasinya. Namun kader yang  ada di desa Natar sangat kreatif, sehingga dengan cepat mengadakan kampanye ini hanya dengan waktu satu bulan sejak ditetapkan.

“Namun hal ini perlu agar masyarakat mengerti tentang perlindungan anak yang bebasis masyarakat. Dengan mengumpulkan ribuan orang dan simpatisan di lapangan PTPN  Pewa Natar. Hali ini juga karena mendapat dukungan penuh dari Kepala Desa Hi Edi Suwaspodo,” ujar ketua yang juga fasilitator PATBM provinsi Lampung  Eka Heni Astuti, MIP.

Sementara Ketua kader PATBM Natar, Mulyadi mengatakan acara Jalan Sehat dan Donor Darah ini dana yang digunakan murni dari masyarakat dengan menjual tiket seharga Rp5 ribu disambut positif terbukti dengan 6 ribu lembar tiket hanya tersisa kurang lebih seribu saja.

“Mungkin kalaupun banyak waktu persiapannya, mungkin acara akan lebih meriah lagi. Bahkan simpatisan dari luar Natar juga banyak,” ujarnya.

Namun karena persiapan hanya satu bulan hingga tidak banyak donatur yang dapat membantu bahkan dari perusahaan-perusahaan karena untuk mengajukan proposal itu memakan waktu yang lama. Namun ia berjanji yang akan datang acara ini akan lebih meriah lagi dan dilaksanakan di kecamatan.

Camat Natar, Dulkahar. AP. MIP. mewakili Bupati Lampung Selatan, menyambut baik kampanye Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat yang dilaksanakan PATBM di Desa Natar ini. Lingkup Desa Natar adalah salah satu desa di kabupaten Lampung selatan yang diprogramkan untuk menjadi pilot projek.

“Tujuannya untuk bagaimana kita mensosialisasikan Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat khususnya masyarakat di desa Natar agar bagaimana melindungi anak, hak-hak anak dan bagimana memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan anak. Anak adalah potensi yang perlu kita pelihara untuk kepentingan Bangsa dan Negara ini nantinya.” ujarnya. (zai)