DPRD Hearing Dengan Manajemen RSUD Ryacudu

29 Oktober 2016 - 21:08:36 | 1255 | KESEHATAN

DL/28102016/Kotabumi

---- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Utara memanggil Direktur RSUD Ryacudu Kotabumi terkait banyaknya keluhan masyarakat dengan pelayanan di Rumah Sakit Daerah setempat. Hearing ini dipimpin langsung ketua Komisi IV DPRD Lampung Utara, Agustori Selasa 25 Oktober 2016.

Hearing yang dihadiri Plt Direktur RSUD Ryacudu dr. Rahmad Hidayat dan Diah Yunuarita yang menangani Laboratorium RSUD Ryacudu ini, dewan juga membahas masalah pelayanan Rumah Sakit Umum terkait hasil diagnosa darah salah satu pasien yang menyebabkan kekecewaan pihak keluarga pasien.

Pada kesempatan itu,  Agustori juga menanyakan sejumlah fasilitas dan kedisiplinan dokter RSUD Ryacudu Kotabumi yang kerap dipersoalkan pasien.”Kami sudah terlalu sering mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait pelayanan di Rumah Sakit Umum. Sebenarnya apa yang menjadi kendala di RSU itu masalah peralatan medis atau kinerja tenaga medisnya,” ujar Agus.

Selain itu politisi dari partai PDI Perjuangan itu meminta pihak RSUD Ryacudu dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”Kami harap kedepan pelayan di rumah sakit kita dapat meningkat lebih baik, sehingga tidak ada lagi keluhan dari masyarakat,” ungkap Agus.

Sementara dr.Rahmad menjelaskan, bahwa beberapa waktu lalu ada kesalahan tekhnis terkait hasil pemeriksaan darah salah satu pasien. Menurut dr. Rahmad pemeriksaan dengan rafites memang tidak pernah digunakan untuk diagnosa.

“Hasil pemeriksaan darah dengan sistem tes cepat (Rifites) sebenarnya memang tidak pernah kita gunakan untuk diagnosis. Tapi kita gunakan untuk screaning. Ketika pasien diperiksa Antigen Hepatitis B nya positif, maka harus dilakukan tindakan cuci darah. Namun di RSUD kita  belum ada alat untuk melakukan tindakan tersebut.” ungkap dr.Rahmad.

Selain itu, Rahmad menyatakan bahwa akurasi hasil diagnosis dengan alat bantu kesehatan tidak selamanya tepat. Namun kedepan pihaknya akan terus berbenah dan berupaya meningkatkan pelayanan di RSUD Ryacudu sesuai dengaan harapan masyarakat.

“Kami selalu berupaya meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dengan fasilatas dan kemampuan medis yang ada di RSUD Ryacudu.” ungkapnya. (zan)