Cara membersihkan laptop: layar dan keyboard

29 Oktober 2016 - 17:02:31 | 405 | KESEHATAN

Keyboard dan layar laptop rentan menjadi sarang debu, bekas sentuhan jari, dan remah-remah makanan. Artikel ini menyajikan panduan membersihkan laptop.
 
 

Walau terdengar simpel, cara membersihkan layar laptop secara tepat penting diketahui karena apa pun bisa terjadi ketika berurusan dengan peralatan elektronik. Sebagian besar di antara kita jarang terpikir untuk membersihkan laptop, padahal hal ini seharusnya dilakukan secara rutin. Layar laptop, terutama jenis layar sentuh, adalah magnet bagi debu dan noda. Setiap kali mengetik, jari-jari kita mentransfer noda lemak dan kuman yang tidak kasatmata ke keyboard. Idealnya, Anda perlu membersihkan laptop paling tidak seminggu sekali guna menjaganya selalu higienis.

Tidak sulit sebenarnya membersihkan laptop, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui supaya tidak merusak laptop kesayangan Anda. Berikut ini panduan tahapan membersihkan laptop.

Cara membersihkan keyboard laptop

Apakah Anda pernah bertanya-tanya kenapa tombol keyboard Anda lengket dan sulit ditekan? Bisa jadi hal ini karena Anda pernah menjatuhkan remah-remah makanan di atas laptop! Kalau Anda sedang mencari tahu cara membersihkan keyboard secara mudah tanpa risiko mengganggu program komputer atau menghapus dokumen yang tersimpan di laptop, langkah pertama adalah matikan laptopnya! Selanjutnya,

  1. Balik laptop secara hati-hati dan goyang perlahan-lahan untuk menjatuhkan remah-remah yang tersangkut.
  2. Ambil sekaleng udara bertekanan untuk meniup sisa-sisa kotoran yang masih terjebak di keyboard. Lakukan ini per baris atau per area.
  3. Gunakan kapas yang dibasahi cairan alkohol pembersih untuk mengangkat noda lemak dan kuman yang tidak kasatmata dari permukaan keyboard. Cairannya akan cepat menguap.

Cara membersihkan layar laptop

Membersihkan layar laptop tidak memerlukan banyak peralatan khusus, cukup kain mikrofiber yang agak lembap. Mengingat air dan listrik tidak boleh dipertemukan, pastikan bahwa laptop Anda tidak tersambung ke sumber listrik dan dalam keadaan mati. Dengan sedikit air, basahi kainnya, bukan layarnya langsung! Peras, lalu perlahan-lahan gunakan kain tersebut untuk menyeka noda yang menempel. Kalau Anda masih ragu-ragu, cek buku manualnya atau konsultasikan dengan toko tempat Anda membeli laptop tersebut. Beberapa toko juga menjual produk khusus membersihkan LCD laptop yang dapat Anda coba.

Membersihkan keyboard dan layar laptop merupakan perawatan komputer yang paling standar. Mouse, port eksternal, ventilasi kipas, dan komponen-komponen internal laptop juga perlu dibersikan. Jangan lupa untuk selalu mengonsultasikannya dengan teknisi profesional jika Anda ragu-ragu.