Yustin: Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

16 Oktober 2016 - 22:57:11 | 459 | KESEHATAN

DL/16102016/bandarlampung

----- Yustin Ficardo mengatakan bahwa tanggal 15 Oktober telah ditetapkan oleh PBB sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia (HCTS). Secara serentak di seluruh dunia melaksanakan gerakan cuci tangan pakai sabun dan air bersih, sebagai suatu upaya untuk memotivasi jutaan orang agar membiasakan diri untuk lebih sehat dengan kebiasaan cuci tangan pakai sabun.

“Tema peringatan tahun 2016 adalah Make Hand Washing A Habbit atau Jadikan Cuci Tangan sebuah kebiasaan,” ujarnya.

Ini diungkapnya pada acara Peringatan HCTS di Sekolah Luar Biasa (SLB) PKK-Provinsi, Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu 15 Oktober 2016.

Acara ini dihadiri pula Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Heri Suliyanto serta para pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung.

Yustin Ficardo mengharapkan, melalui peringatan dan gerakan cuci tangan pakai sabun ini diharapkan segenap keluarga dan masyarakat di Provinsi Lampung semakin meningkatkan kesadaran dan kemampuan untuk memelihara kebersihan dan kesehatannya.

“Kebiasaan cuci tangan pakai sabun merupakan cara yang paling efektif dan hemat biaya untuk mencegah penyakit diare dan pneumonia, dua penyakit penyebab kematian bagi anak-anak di seluruh dunia,” ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung ini menjelaskan bahwa menurut seorang ahli, untuk membudayakan suatu perilaku baru di sekelompok masyarakat, diperlukan waktu 21 hari dengan melakukan secara terus menerus perilaku baru tersebut.

Oleh karena itu, mulai hari ini diimbau melakukan gerakan cuci tangan pakai sabun minimal selama 21 hari dan sosialisasikan perilaku ini kepada keluarga dan masyarakat sekitar kita. “Insya Allah, perilaku cuci tangan pakai sabun ini akan menjadi budaya masyarakat sehari-hari.” Katanya. 

Kegiatan melatih anak-anak sejak usia dini untuk terbiasa mencuci tangan dengan sabun merupakan usaha yang sederhana. Namun hasilnya sangat berarti bagi kelangsungan hidup generasi penerus bangsa.

Acara Peringatan HCTS ini diikuti 500 siswa binaan dari SLB yang ada di Kota Bandar Lampung, dalam acara ini juga diisi dengan pagelaran pameran kerajinan tangan dari siswa-siswi binaan SLB PKK Provinsi Lampung. (Ref)