Batik Siger Lampung Tampil Di Explore Indonesia USA

09 Oktober 2016 - 13:15:54 | 2430 | PARIWISATA

DL/09102016/Santa Monica

---- Lampung menggema, Lampung Gemebyar kembali di luar negeri. Kali ini di even Explore Indonesia dengan tema Wear Batik, Drink Coffee, dihelat di beberapa Negara bagian Amerika Serikat.

Laila Alkhusa, dari Batik Siger Lampung yang diundang untuk berpatisipasi dalam acara itu mengatakan rasa syukurnya, bahwa Batik Siger mendapat kehormatan menampilkan karya anak-anak Lampung ke Amerika Serikat.

“Pertama pasti senang mendapat undangan ini, kami bisa melakukan berbagai hal mulai dari presentasi hasil karya hingga evaluasi dalam bidang marketing. Di sana banyak teman-teman dari Indonesia juga dengan berbagai produknya,”Kata Una, panggilan akrab Laila Alkhusna via Blackberry Messenger, Minggu 9 Oktober 2016.

Memang dalam perhelatan itu Batik Siger tampil bersama para designer-designer lainnya dari Indonesia seperti Rafi Abdurrahman Ridwan (designer muda tuna rungu), Nonita Respati (dari Batik Purana), D-House of DV, Jessica dari DKI, Sizzy Matindas dari DKI, dan lainnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Indonesian Women Alliance (IWA), dan didukung oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles (KJRI-LA), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia di Los Angeles (ITPC LA), dan disponsori oleh Artha Graha Group.

Hari pertama, 22 September 2016 acara digelar di Pantai Inn Hotel, La Jolla, California. Di sini ditampilkan Batik Siger fashion show dan forum bisnis. “Saya terharu, karena batik Lampung dipergunakan untuk fashion dengan model orang-orang bule, indah juga, serasi juga.” Ungkap Una.

Lalu hari kedua, 24 September 2016, kembali menggelar acara Wear Batik, Drink Coffee di Third Street Promenade, Santa Monica, CA, yang menampilkan beberapa jenis kesenian termasuk Tari Bali.

Batik Siger kembali mengisi sesi fashion show dan ada beberapa pameran serta eksebisi batik. “Saya juga tambah terharu saat melihat cucu saya, Ina Narendra, yang tinggal di Amerika ikut mengisi acara dengan menari tarian Bali.” Tambahnya. 

Hari ketiga, 25  September 2016 acara digelar di Fowler Museum, UCLA, Los Angeles, CA. Di sini juga dihadiri Konjen Indonesia untuk AS, Umar Hadi, yang memberikan apresiasi sekaligus memperingati HUTRI ke-71.

Umar Hadi memberikan perhatian besar pada even-even Indonesia yang digelar di Amerika Serikat. “Selain bangga akan kekayaan budaya dan produktivitas bangsa, kangen sama teman-teman dari Indonesia,” ujar Umar Hadi.

Salah satu sesi penampilan tarian Indonesia juga diberikan porsi yang cukup dalam acara itu. “Satu lagi yang buat saya trenyuh, Christina Narendra, menantu saya yang tinggal di Amerika ikut mengisi acara dengan menari tarian Jaipongan bersama Sekar dan Casey.” Ujarnya haru.

Rupanya, Andy Narendra yang kini menetap di Amerika, sebagai generasi penerus yang akan menduniakan Batik Siger melalui berbagai even yang mungkin dihelat dimanapun. “Amerika adalah negeri yang sangat besar. Secara networking Batik Siger dengan para delegasi-delegasi negara-negara sahabat, terus kami lakukan. Ini bukan semata-mata bisnis, tetapi juga menduniakan kekayaan bangsa Indonesia,” kata Andy via rilis emailnya. (don)

Berikut beberapa foto yang diabadikan dalam even penting ini, untuk pembaca detiklampung.com dari andy Narendra di San Diego, AS. 

Laila Alkhusna bersama konsumen dan kolega ditengah acara. Andy Narendra dan Christina dengan backdrop acara.  Urutan gambar  berikutnya: Andy Narendra dan sang isteri, Christina, Suasana Fashion Show batik Siger. Trian Jaipong yang diterikan oleh Christina, Sekar dan  Casey. terakhir, gambar suasana perhelatan Wear Batik, Drink Coffee di Amerika Serikat.