Pancasila Dimaknai Dan Diamalkan

04 Oktober 2016 - 12:15:29 | 378 | BERITA DAERAH

DL/04102016/KALIANDA

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan menjadi Inspektur Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2016 di Stadion ZAP Kalianda, Senin 3 Oktober 2016.

Dalam upacara peringatan itu diikuti Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, pengurus TP PKK Lampung Selatan, Forkopimda, seluruh jajaran satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, sejumlah tokoh elemen masyarakat.

Zainudin Hasan mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober seharusnya dijadikan sebagai refleksi pemaknaan nilai dari makna Pancasila.

Sebagaimana diketahui bersama, Pancasila yang merupakan lambang negara Republik Indonesia di dalamnya terdapat 5 butir isi Pancasila.

“Khususnya bagi pemuda-pemudi, makna dari Pancasila itu harus dijadikan sebagai kesempatan merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya.” Ujar Zainudin.

Zainudin mengatakan, selain makna-makna dari Pancasila itu dimanfaatkan, juga perlu dihayati dan diamalkan secara konsekuen, sebagaimana Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) No. II/MPR/1978. Tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila atau dikenal dengan sebutan Eka Prasetya Pancakarsa. (Hrs)