Lambar Bangun Tugu MTQ

03 September 2016 - 00:42:50 | 773 | BERITA DAERAH

DL/02092016/LAMBAR

---- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terus berusaha untuk meningkatkan Perekonomian Masyarakat dimana sebelumnya telah banyak yang dibangun. Kali ini pemerintah membangun Tugu Piala Tetap Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) sebagai bentuk motivasi agar kedepan pendidikan bidang agama dapat dikembangkan dengan menjadikan Lampung Barat sebagai pusat kajian Al-Quran.

Tugu Piala MTQ tersebut dibangun setinggi delapan meter dan ditopang tiga tiang berbentuk bulan sabit. Lampung Barat merupakan Kabupaten pertama di Provinsi Lampung yang berhasil tiga kali berturut-turut menjadi juara umum MTQ tingkat Provinsi.

Saat ini piala itu telah menjadi piala tetap dan Lampung Barat merupakan kabupaten pertama yang berhasil meraih prestasi gemilang tersebut.

Lampung Barat Juara Umum MTQ Lampung pada MTQ Ke-36 di Lampung Timur, MTQ Ke-37 di Waykanan dan MTQ Ke-38 di Lampung Barat.

Seperti yang di sampaikan oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lambar Ir.Kholiq MP bahwa Penetapan piala bergilir Gubernur Lampung menjadi piala Tetap pada MTQ Ke-38 tahun 2010 di Liwa ini sesuai SK LPTQ Provinsi Lampung No. 30/KEP/LPTQ-LPG/2010 tanggal 13 Mei 2010. Dalam keputusan itu dijelaskan, piala bergilir telah menjadi piala tetap Lampung Barat dan tidak diperebutkan lagi pada MTQ tahun berikutnya. Penetapan itu ditandatangani oleh Ketua LPTQ Lampung Ir. Arinal Junaidi dan Sekum Drs. Hi. Sartio, M.M.

Selain itu Berbagai prestasi yang berhasil diraih oleh Pemkab Lambar bukan diperoleh dengan usaha yang mudah, namun melalui perjuangan dan kerja keras yang maksimal dari seluruh komponen Pemerintah.

Berbagai prestasi tersebut tersimpan di Lamban Prestasi yang dibangun dengan maksud untuk menghimpun dan melestarikan simbol-simbol penghargaan yang telah diraih untuk disimpan dan dirawat. Dimana dalam Lamban tersebut disimpan berbagai penghargaan yang telah diraih baik dari tingkat Provinsi, Nasional, Internasional sejak 2008 hingga saat ini.

Pembangunan lamban prestasi ini diharapkan agar di masa mendatang berbagai prestasi dapat berkembang dengan gemilang dan akan memotivasi dan meningkatkan kinerja SKPD serta meningkatkan wawasan seluruh masyarakat mengenai prestasi-prestasi yang telah diraih, selain itu juga sebagai objek wisata edukatif juga untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap daerah lampung barat. Lamban Prestasi ini merupakan satu-satunya di Lampung.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Organisasi Setdakab Lampung Barat, Raswan ( sebelum terjadi Rolling Pejabat), dalam laporannya mengungkapkan hingga saat ini symbol penghargaan yang terhimpun dan tersimpan di Lamban Prestasi berjumlah 145 unit, terdiri dari Piala 80 buah, Piagam 46 lembar dan Medali berjumlah 19 buah.

Beberapa prestasi yang telah diperoleh Kabupaten ini diantaranya, penghargaan dari Gubernur  Lampung kepada Pekon Sri Menanti Kecamatan Air Hitam sebagai juara III Lomba Pekon Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2014, Penghargaan dari Presiden RI kepada Pemkab Lampung Barat atas kemampuannya meningkatkan produksi beras diatas 5 persen yang diraih selama 4 Tahun yaitu Tahun 2008, 2009, 2010 dan 2012.

Selain itu Penghargaan Menteri Pekerjaan Umum RI kepada Lampung Barat sebagai peringkat ke-2 kategori Kabupaten Sub Bidang Penyelenggaraan Penataan Ruang yang diraih pada Tahun 2008, 2012 dan Tahun 2013. Dan masih banyak prestasi yang membanggakan lainnya yang telah diperoleh oleh Lampung Barat. (Anton)