Mukhlis Basri: Dukung Karya Bakti TNI 2016

30 Agustus 2016 - 17:16:59 | 270 | BERITA DAERAH

DL/30082016/ LUMBOK SEMINUNG

---- Karya Bhakti TNI Terintegrasi tahun 2016 untuk membantu dan mendukung tugas Satkowil mengatasi kesulitan masyarakat. Juga merupakan perwujudan kedekatan TNI dengan rakyat dalam partisipasi, mempercepat pembangunan di daerah.

Selain itu, percepatan pembangunan suatu daerah sangat ditentukan oleh keinginan masyarakat dan semua elemen yang ada di daerah itu.

Ini diungkapkan Bupati Lambar, Drs. Mukhlis Basri.MM. Sesaat setelah menghadiri Upacara Pembukaan Karya Bhakti TNI Tahun 2016 di Lapangan SDN I Pekon Talang Baru, Lumbok Timur Kecamatan Lumbok Seminung Senin 29 Agustus 2016.

Bupati menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial Kodim 0422 Lambar kepada masyarakat juga lingkungan.  ”Karya bhakti TNI ini sangat mendukung program pembangunan daerah kabupaten Lampung Barat, dengan mengedepankan kehidupan kesejahteraan sosial masyarakat yang mandiri, memiliki jiwa integritas nasional yang kuat sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat.” Ungkapnya.

Kerjasama antara TNI dan masyarakat seperti yang ada di Kecamatan Lumbok Seminung ini merupakan sikap yang harus terus dipertahankan. Diharapkan hal ini bukan sekali ini saja pelaksanaannya dan tidak hanya terfokus pada satu kegiatannya saja, tetapi TNI diharapkan menjadi motor pembangkit motivasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di wilayah Lampung Barat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga mengapresiasi dukungan dan kepedulian TNI dalam membangun Bumi Beguai Jejama Say Betik ini. “Terimakasih kepada pak Dandim 0422 yang telah menunjuk dan memilih Pekon Lombok dan Pekon Lombok Timur ini sebagai lokasi karya bhakti TNI.” Ujarnya.

Masih banyak lagi pekon-pekon di Kabupaten Lampung Barat yang membutuhkan sentuhan pembangunan dari kegiatan Karya Bhakti TNI ini. “Kami pemerintah Lampung Barat siap mendukung kegiatan ini, karena kami nilai kegiatan ini sangat positif untuk membangun semangat gotong-royong masyarakat dalam mengisi pembangunan bersama TNI.” Tambah Mukhlis.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0422 Kabupaten Lambar, Letkol Inf Iskandar M.Han menyatakan, Pemkab Lambar sangat terbantu dengan adanya Program Karya Bhakti TNI yang terus dilaksanakan di Kabupaten ini dengan berbagai pembangunan yang ada.

Meskipun dilaksanakan dalam waktu relatif singkat, tetapi mampu memberikan dampak yang sangat luas, khususnya di bidang kesehatan, pencegahan narkoba serta perekonomian dan kesejahtreaan masyarakat.

Melalui berbagai kegiatan fisik dan non fisik yang dilaksanakan di Lambar membuktikan adanya kemanunggalan TNI dengan masyarakat. “Dengan berbagai kegiatan dalam Karya Bhati TNI, akan lebih membuka wawasan masyarakat pedesaan terhadap berbagai dinamika dalam kehidupan.” ungkap Dandim.

Menurutnya upaya untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang menjadi tekad semua pihak untuk mewujudkan Kabupaten Lambar yang sejahtera melalui turunnya angka kemiskinan akan tercapai.

“Saya berharap, kegiatan Karya Bhakti TNI ini dapat dipertahankan keberlanjutannya karena langsung menyentuh kebutuhan masyarakat, pemerataan pembangunan, upaya peningkatan SDM, peningkatan kepedulian dalam mengatasi kebutuhan masyarakat pedesaan. Untuk itu, konsep pembangunan pedesaan kedepan adalah penguatan partisipasi masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan sampai pengawasan,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Lambar Drs. Makmur Azhari, Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Inf Iskandar M.Han, Asisten I Bidang Pemerintahan Adi Utama, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. Saripan Halim, Kepala Dishubkomfo kab Lambar Gison Sihite, Kepala BPMPP Ibrahim Amin, dan Unsur Muspida Kab Lambar serta di hadiri juga oleh Camat Setempat serta para undangan dan masyrakat setempat. (Anton)