Gerakan Lampung Gemar Membaca

27 Agustus 2016 - 00:18:46 | 734 | PENDIDIKAN

DL/26082016/Bandarlampung

---- Seluruh stakeholder terkait harus dapat saling bersinergi dan bekerjasama menumbuhkan minat baca generasi muda dan seluruh komponen masyarakat di Provinsi Lampung dalam rangka mewujudkan masyarakat Lampung cerdas dan gemar membaca.

Demikian disampaikan Asisten Bidang Administrasi Umum, Hamartoni Ahadist mewakili Gubernur Lampung dalam Roadshow Perpustakaan RI untuk Promosi Minat Baca Perpustakaan Cerdaskan Bangsa Wujudkan Lampung Gemar Membaca, di halaman kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Lampung, Kamis 25 Agustus 2016.

Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Lampung dengan terus berkomitmen untuk menjamin hak masyarakat dalam memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui layanan perpustakaan.

Menurutnya hal tersebut karena pihaknya sadar bahwa membaca dapat meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri seseorang. “Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka anak-anak dapat mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan lebih optimal,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya berharap melalui kegiatan promosi minat baca ini dapat menyatukan persepsi seluruh stakeholder terkait guna meningkatkan dan membangkitkan minat baca masyarakat. Sehingga terwujud masyarakat Lampung yang cerdas dan berakhlak dan mampu bersaing di dunia internasional.

“Melalui kesempatan ini, saya mengajak marilah kita budayakan membaca dari lingkup keluarga dan kerja sama antara guru, orang tua, dan aparat yang terkait untuk membangun minat baca masyarakat. Sehingga dapat memunculkan generasi yang cerdas, berwawasan luas dan mampu bergaul di dunia modern yang terus bergerak dengan cepat,” terangnya.

Sementara Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional RI Ofy Sofiana menerangkan, kegiatan Roadshow ini merupakan tindak lanjut program memasyarakatkan perpustakaan dan Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca.

Lebih lanjut Ofy menjelaskan, kegiatan roadshow ini bertujuan mempublikasikan eksistensi perpustakaan di seluruh Indonesia sesuai dengan amanat UU 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

“Kegiatan ini berisi berbagai acara yang memberikan pemahaman akan pentingnya perpustakaan dalam kegiatan gemar membaca dan diharapkan dapat menyatukan visi dan persepsi untuk seluruh komponen dapat membangun minat gemar membaca di kalangan masyarakat Lampung,” ujarnya.

Pada tahun 2016 Roadshow ini telah dilakukan dengan singgah di 27 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dan tahun ini rencananya akan diselenggarakan di Provinsi Lampung, Banten dan Sulawesi.

Dalam acara ini hadir Sekretaris Perpustakaan Nasional RI, Dedy Djunaidi, Badan Perpustakaan dan Arsip di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Jajaran Fokorpimda serta sejumlah Kepala SKPD di Provinsi Lampung. (Ref)