Festival Krakatau Dibuka di MBK

25 Agustus 2016 - 00:00:39 | 1458 | PARIWISATA

DL/24082016/Bandarlampung

--- Gempita Festival Krakatau (FK) 2016, mulai ditandai dari perhelatan Jelajah Pasar Seni yang ditaja di Mall Boemi Kedaton (MBK) Bandarlampung, Rabu 24 Agustus 2016.

Pj Sekdaprov Lampung, Ir Sutono mewakili Gubernur Lampung membuka FK yang berlangsung dengan nuansa yang sangat sederhana, hanya sebagai pertanda saja untuk membuka sebuah perhelatan acara yang seharusnya berlangsung sangat besar.

Namun demikian Sutono yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung, memberikan gambaran keberhasilan pembangunan di Lampung selama ini, diantaranya bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung cukup stabil yakni sebesar 5,29 persen ditengah kondisi ekonomi nasional yang kurang baik.

Menurutnya, hal ini berdampak pada kesejahteraan masyarakat Lampung yang terus meningkat seiring dengan trend pendapatan perkapita di Provinsi Lampung.

Sutono menjelaskan bahwa peningkatan tersebut juga berdampak pada peningkatan sektor pariwisata di Provinsi Lampung. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Provinsi Lampung sejak 2012 lalu.

“Kami berharap Lampung Festival Krakatau 2016 ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta mempromosikan Provinsi Lampung ke berbagai wilayah nusantara dan mancanegara,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Provinsi Lampung Choiria Pandarita menngatakan bahwa rangkaian Lampung Krakatau Festival 2016 ini akan melibatkan seluruh elemen masyarakat, dunia usaha, instansi pemerintah di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Berbagai acara yang dikemas dalam rangkaian Jelajah Pesona Krakatau akan menggelar 5  kegiatan utama diantaranya adalah Jelajah Pasar Seni yang akan berlangsung pada 24-28 Agustus 2016 di Mall Boemi Kedaton dengan menampilkan berbagai pagelaran seni, Jelajah Layang-Layang di Stadion Sumpah Pemuda PKOR Way Halim dari 25-26 Agustus yang akan diikuti oleh 5 negara yakni Indonesia, Perancis, Singapore, Thailand dan Malaysia.

Kegiatan lainnya yang akan diselenggarakan adalah Jelajah Rasa di Lapangan Saburai Enggal pada 26-28 Agustus sekaligus launching logo dan tagline pariwisata Lampung The Treasure of Sumatera dan menampilkan Band Wali dari Jakarta.

Selanjutnya Jelajah Krakatau di Pantai Sari Ringgung pada 27 Agustus dan Jelajah Semarak Budaya di Tugu Adipura pada 28 Agustus dengan menampilkan berbagai parade budaya dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung dan malam harinya akan dilakukan investor summit untuk menarik masuknya investasi pariwisata di Provinsi Lampung.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempromosikan keindahan serta daya tarik wisata di daerah Lampung dan membangun pasar untuk mengembangkan skala ekonomi dari bidang pariwisata.” jelasnya.

Acara ini dibuka oleh permainan gamolan oleh ketua Tim Penggerak PKK Lampung Aprilani Yustin Ridho Ficardo, Pj Sekdaprov dan Kadis Parekraf provinsi Lampung.

Selain itu diisi dengan Fashion Show dari Aan Ibrahim collection dengan Sulam Usus dan pelengkap seremoni talkshow terabaikan dengan para pelaku UKM provinsi Lampung.

Acara ini juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda serta sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (Ref)