Lampung Rindu Festival Krakatau Sesungguhnya

14 Agustus 2016 - 12:52:11 | 270 | PARIWISATA

 DL/14082016/bandarlampung

---- Sesungguhnya Pemerintah Provinsi Lampung sudah menyadari sejak lama, bahwa masyarakat Lampung menginginkan dan merindukan gempita Festival Krakatau (FK) yang sesungguhnya, tidak seperti selama ini setiap tahu hanya ada seremoni yang hanya dinikmati sebagian kecil kalangan saja.

Ini tersirat dalam rapat persiapan gelaran FK yang dipimpin Asisten Bidang Ekbang Setda Provinsi Lampung, Adeham di Ruang Sungkai - Balai Keratun Rabu, 10 Agustus 2016.

FK ke-XXVIII Tahun 2016 diharapkan acaranya lebih menggema, semarak dan berdampak pada kunjungan pariwisata di Provinsi Lampung.

Oleh karena itu kepada event organizer (EO) yakni PT. Dyandra Media Internasional Tbk agar dapat menggelar acara secara baik dan dapat menghadirkan turis baik dari domistik maupun manca negara.
Sebagaimana tema yang diangkat pada Festival Krakatau tahun ini adalah Lampung The Treasure of Sumatera.

Rundown pelaksanaan Festival Krakatau ke-XXVIII Tahun 2016 sebagai beikut.
1. Jelajah Pasar Seni, tanggal 24-28 Agustus 2016. Bertempat di Mall Boemi Kedaton, Kota Bandar Lampung

2. Jelajah Layang-layang, tanggal 25-26 Agustus 2016. Bertempat di PKOR Way Halim, Kota Bandar Lampung

3. Jelajah Rasa (Festival Kuliner), tanggal 26-28 Agustus 2016. Bertempat di Lapangan Korem, Enggal, Kota Bandar Lampung

4. Jelajah Krakatau, tanggal 27 Agustus 2016. Bertempat di Kalianda, Kab. Lampung Selatan

5. Jelajah Semarak Budaya (Lampung Culture & Tapis Carnival), tanggal 28 Agustus 2016. Bertempat di Tugu Adipura, Kota Bandar Lampung

6. Investor Summit, tanggal 28 Agustus 2016. Bertempat di Hotel Novotel, Kota Bandar Lampung

Menurut Kabid Informasi Publik Dinas Kominfo Provinsi Lampung Yurita Surya hadir dalam rapat yaitu Kepala Bappeda, Kepala Dinas Perhubungan, Kasat Pol PP, Sekretaris Dinas Parekraf, Pt.Dyandra Media Internasional.Tbk dan undangan lainnya.

Untuk jelajah Pasar Seni, kegiatan ini akan menampilkan pameran UMKM, pameran foto bawah air dan objek wisata Lampung, fashion show, pertunjukan musik akustik, talk show, dan seminar usaha kreatif.

Sedangkan untuk Jelajah Layang-layang, kegiatan berupa festival, workshop layang-layang, dan foto amatir. Yang rencananya akan diikuti oleh komunitas 4 negara yaitu: Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Perancis. 5 komunitas nasional yaitu Lampung, Bali, D.I. Yogyakarta, dan NTB, serta diikuti 200 anak sekolah.

Pada Jelajah Rasa (Festival Kuliner), bentuj kegiatan berupa bazar kuliner dan aneka permainan anak yang diikuti 8 food truck dari Jakarta dan Lampung.

Jelajah Krakatau merupakan kegiatan tour menjelajahi gunung anak Krakatau dengan kapal, yang sebelumnya akan terlebih dahulu melaksanakan acara Ngumbai Lawok di Pantai Sari Ringgung.

Pada acara puncak Festival Krakatau tahun ini diadakan jelajah semarak budaya (Lampung Culture & Tapis Carnival) yang bertemakan Topeng Lampung dan akan dilaksanakan  pelepasan seribu balon, dan pemakaian topeng terbanyak yang rencananya akan masuk di Rekor Muri.

Pada akhir rangkaian kegiatan Festival Krakatau ke-XXVIII, diadakan Investor Summit (Gala Dinner) di Hotel Novotel yang mengundang investor, baik di dalam maupun diluar Lampung.(IP)