Ridho: Terima Kasih Semua Membantu Pembangunan Pertanian

03 Agustus 2016 - 08:52:40 | 849 | BERITA DAERAH

DL/03082016/Tulangbawang

---- Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo bertemu dengan ribuan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) se-Provinsi Lampung dalam acara Pekan Daerah KTNA ke- XV di Lapangan Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang, Selasa, 2 Agustus 2016.

Ridho Ficardo juga memberikan Piagam Penghargaan kepada KTNA Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung serta penghargaan kepada Penyuluh Teladan dan Pelaku Utama Berprestasi Tingkat Provinsi.

Ridho mengatakan bahwa dalam kesempatan ini pemerintah telah memberikan ratusan Pompa Air kepada kelompok tani. Selain itu, Pemerintah Provinsi juga sedang melaksanakan pembangunan 3 bendungan yang berada di Lampung Tengah, Lampung Timur dan Tanggamus serta terus melakukan perbaikan saluran irigasi agara distribusi air ke petani dapat lebih optimal.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Lampung yang saat ini percepatan pembangunannya terbaik ke-2 di pulau Sumatera.

“Ditargetkan tahun ini kurang lebih 85 persen saluran irigasi di seluruh wilayah Provinsi Lampung dapat diperbaiki serta bagi masyarakat yang masih membutuhkan pompa air dapat mengusulkan melalui kelompok tani untuk dipenuhi pada tahun anggaran yang akan datang,” terangnya.

Dalam kesempatan ini Gubernur mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan, karena hutan adalah sumber kehidupan, sumber air bersih, udara serta tempat kehidupan bagi flora maupun fauna.

“Sehingga program untuk membangun bendungan dan perbaikan irigasi tidak sia-sia dikarenakan ketersediaan air pun cukup, sesuai kebutuhan pertanian kita.” Katanya.

Gubernur memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait baik di tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota yang terus berkoordinasi dan bekerjasama dalam mensukseskan pembangunan berbagai sektor pangan di Provinsi Lampung.

“Saya mengucapkan terima kasih  kepada seluruh pihak yang telah saling bantu dalam mensukseskan pembangunan sektor Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Kehutanan di Provinsi Lampung. Kita harus buktikan bahwa Lampung adalah kawasan strategis Nasional, yang mampu memenuhi kebutuhan Pangan Nasional,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua KTNA Provinsi Lampung, Kaslan dalam laporannya menyampaikan PEDA KTNA Ke- XV dilaksanakan di Kabupaten Tulangbawang hingga Jumat 5 Agustus mendatang.

Dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya Kepemimpinan dan Kemandirian, Kemitraan Usaha dan Pengembangan Jaringan Informasi, Pengembangan Teknologi dan Kualitas Produksi Agribisnis serta Pengembangan Wirausaha dan Kesadaran Lingkungan.

Dalam acara ini juga dilakukan dialog antara KTNA Kabupaten/Kota bersama Gubernur Lampung terkait harapan dan dukungan KTNA kepada program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan di Provinsi Lampung.

Acara dihadiri Anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati Tulangbawang Hanan A. Razak, Pejabat Eselon II di lingkungan Provinsi Lampung. Ketua Tim Percepatan Pembangunan Bidang Perikanan, Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan Ir. Joko Umar Said, MS, Ketua KTNA Nasional Winarno Tohir, Ketua KTNA Provinsi Lampung Kaslan serta KTNA Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. (ref)