Potensi Wisata Alam Lambar Harus Dioptimalkan

18 Juli 2016 - 12:15:23 | 3375 | PARIWISATA

DL/18062016/Lumbok Seminung 

---- Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Drs. Adi Utama menghadiri Aksi Sapta Pesona Dan Aksi Bersih-bersih tahun 2016, sekaligus membuka acara tersebut dan secara simbolis menyerahkan alat kebersihan kepada perwakilan dari anggota Pramuka, Masyarakat Danau Ranau, Lumbok Seminung, pencinta alam, Bumi Bahway, IMM Kab Lambar,  yang dilaksanakan di Kecamatan Lumbok Seminung, Kamis 14 Juli 2016.

Adi Utama menyampaikan bahwa acara ini digelar karena Danau Ranau yang berada di Kabupaten Lampung  Barat ini merupakan salah satu tujuan wisata unggulan di Provinsi Lampung dan masuk dalam Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN).

Sehingga harus dipelihara dan dikembangkan dengan berbagai upaya agar dapat terus menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, ini merupakan salah satu kebijakan strategis nasional untuk mempercepat pembangunan dalam sektor pariwisata, sehingga untuk melakukan percepatannya diperlukan langkah yang sangat strategis, agar tercapai pemberdayaan masyarakat yang kuat di seluruh wilayah kawasan pariwisata.

“Salah satunya adalah program sadar wisata dengan berpegangan pada sapta pesona. Selain itu pelaksanaan kegiatan bersih-bersih danau ini juga memberikan kesadaran bagi masyarakat dalam menumbuhkembangkan kawasan pariwisata, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Ungkapnya.

Sektor pariwisata  di Kabupaten Lampung sangat menjanjikan dan memiliki prospek yang sangat baik untuk dikelola dan dikembangkan. “Kita ketahui bersama bahwa kabupaten ini memiliki karakteristik bentang alam yang kompleks yang jarang dimiliki oleh daerah lain. Kondisi alam dengan topografi yang menghadirkan nuansa keindahan yang menghiasi kabupaten kita ini,” Jelasnya.

Selain itu penduduknya yang heterogen dengan adat istiadat dan seni budaya yang bernilai tinggi. Lambar juga memiliki geomorfologi yang lengkap seperti Danau Ranau yang indah yang sangat diminati para wisatawan. “Disamping itu Lambar punya gunung, sungai, air terjun, dan hutan termasuk flora dan fauna di dalamnya, dimana yang semua itu merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, yang harus kita syukuri dan menjadi aset wisata potensial yang dapat dikembangkan.” Tambahnya.

Dengan kondisi ini dapat dijadikan objek wisata andalan pada masa kini dan masa yang akan datang, terlebih lagi jika berbagai objek wisata tersebut diramu dan dikemas dengan paket seni budaya  Lambar yang beraneka ragam, termasuk juga di Lumbok Seminung ini.

“Kamipun menyadari meskipun Lambar kaya akan potensi wisata, tetapi bila tidak disentuh dan ditangani dengan serius, tentunya tidak akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan Lampung Barat,” Kata Adi Utama.

Sementara itu kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lambar, Indra Kesuma S.Sos menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti sekitar 500 orang yang berasal dari masyarakat Kecamatan Lumbok Seminung, masyarakat peduli Danau Ranau, anggota Pramuka, anggota Bumi Bahway, Ikatan Muli Mekhanai Kabupaten Lambar, Para pecinta alam dan lain sebagainya yang dilaksanakan dari jam 8.30 wib sampai selesai sore hari. (Anton)