Lampung Tuan Rumah ASEAN Heritage Park

17 Juli 2016 - 23:12:45 | 1436 | PARIWISATA

DL/17062016/Bandarlampung

---- Provinsi Lampung akan menjadi tuan rumah ASEAN Heritage Park Committe ke-5 pada 25 hingga 27 Juli mendatang. Pertemuan ini akan dihadiri 10 Duta Besar negara-negara ASEAN. Demikian disampaikan Plt  Sekda Provinsi Lampung Ir Sutono MM, ketika memimpin rapat persiapan di Ruang Sakai Sambayan Kantor Gubernur Lampung, Jumat (15/7).

Dalam acara ini  akan dilaksanakan pula peresmian Taman Nasional Way Kambas sebagai ASEAN Heritage Park ke-36 di kawasan Asia Tenggara.
Acara lain yang akan digelar yaitu penandatanganan prasasti, Peresmian Pusat Informasi dan Pemberian Nama Anak Badak dari Indukan Andalas dan Ratu yang kedua. Termasuk pula penanaman Bibit, serta pelepasliaran Burung Elang di Taman Nasional Way Kambas.

Sutono menegaskan bahwa lokasi ASEAN Heritage Parks Committee rencananya akan dilaksanakan di The 7 Hotel and Convention Center Lampung, Jl. Rasuna Said No.18, Bandar Lampung.

Adapun latar belakang ASEAN Heritage Park (AHP) merupakan kawasan perlindungan terpilih di wilayah ASEAN yang dikenal dengan keanekaragaman hayati dan ekosistem yang unik dan mempunyai nilai yang tinggi. 

“Melalui Deklarasi ASEAN tentang Heritage Parks and Reserves, negara-negara anggota ASEAN sepakat mengelola AHP secara efektif. Sehingga dapat  memelihara proses ekologis dan sistem pendukung kehidupan dan melestarikan keragaman genetik. Selain itu untuk memastikan berkelanjutan pemanfaatan spesies dan ekosistem secara berkelanjutan  serta menjaga keindahan alam, budaya, pendidikan, penelitian, rekreasi dan pariwisata,” jelas Sutono. 

Sekretariat AHP, lanjut Sutono, memiliki komitmen untuk membantu negara anggota ASEAN (AMS) dalam mencapai target kawasan konservasi di tingkat global, regional dan nasional dalam kerangka kerja AHP dan CBD Program of Work of Protected Areas.

AHP Committee juga dibentuk untuk memberikan panduan teknis dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan terkait AHP.
AHP Committee telah menyelenggarakan pertemuan sebanyak 4 kali. Tahun 2009 di Singapura, 2010 di Brunei Darussalam,  2012 di Indonesia dan 2014 di Brunei Darussalam. “Tahun ini, akan diselenggarakan di Provinsi Lampung sekaligus peresmian TN Way Kambas sebagai AHP ke 36,” jelasnya. 

AHP dimaksudkan sebagai forum untuk mempresentasikan dan mendiskusikan rekomendasi pertemuan AHP dan AWGNCB serta berbagi informasiterkait pelaksanaan AHP di AMS.

AHP juga memiliki tujuan mengkaji draft AHP Regional Action Plan 2016-2020, Menyusun dan mendiskusikan pengusulan/nominasi AHP serta sistem evaluasi pelaksanaanya dan  mendiskusikan update pelaksanaan kegiatan AHP.

Rapat juga dihadiri oleh Kadis Pariwisata, Kadis Kominfo, Polda Lampung, serta jajaran Panitia. (Ref)