Biling Mahasiswa Sampai 8 Smester

05 Juni 2016 - 01:04:18 | 1039 | PENDIDIKAN

DL/05062016/Bandar Lampung

 ---- Masalah bantuan bina lingkungan yang diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA dan SMK yang akan meneruskan ke Perguruan Tinggi, dijamin masih akan dibiayai oleh pemerintah Kota Bandarlampung, hingga semester 8 untuk setiap mahasiswa.

Ini ditegaskan Walikota Bandarlampung, Herman HN kepada wartawam usai menghadiri peresmian mushala Nurul Ilmi di Dinas Pendidikan (disdik) kota, Jumat, 3 Juni 2016. “Masyarakat jangan khawatir anaknya tidak bisa lanjut sekolah," kata Wali Kota Bandar Lampung Herman HN.

Disinggung soal kuota, Herman menjelaskan belum dapat dipastikan namun ada peningkatan dari tahun lalu lantaran pada tahun ini pemkot turut menggandeng Institut Teknologi Sumaera (Itera), setelah sebelumnya menggandeng Unila dan IAIN Raden Intan.  “Karena ada satu PTN lagi, jelas ada peningkatan. Tapi belum tahu masing-masing kuotanya berapa,” jelasnya.. 

Dipastikan anggaran bertambah dari tahun lalu yang hanya Rp7,5 miliar untuk 350 mahasiswa Unila dan IAIN. Prosedur pembayarannya pun akan dilakukan dalam sekali pembayaran agar tidak menjadi hutang Pemkot terhadap instansi pendidikan tinggi ini. 

“Kalau tahun lalu kan dibayar dua kali. Tahun ini bakal kita lunasi sekali untuk 8 semester. Di luar dari itu, mahasiswa belum menyelesaikan studinya. Ya kita cabut bilingnya alias bayar sendiri,” tegas dia. 

Untuk itu dia meminta agar setiap mahasiswa penerima beasiswa biling, mampu menarget dirinya agar selesai studi tepat waktu. “Jangan salahkan saya lagi kalau ada peserta Biling PTN yang tidak bisa lulus, ujarnya. (zai)