Pemkab Waykanan Gelar Diklat Wawasan Kebangsaan

04 Juni 2016 - 07:23:35 | 990 | BERITA DAERAH

DL/04062016/Waykanan

---- Luasnya wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memang memerlukan penanganan secara serius dalam membina warga negaranya agar tetap memiliki rasa cinta tanah air dan bangsanya sendiri. Untuk itu wawasan kebangsaan harus terus ditingkatkan terutama pada generasi muda bangsa ini.

Seperti yang dilakukan Pemkab Kabupaten Way Kanan melalui kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Kodim 0427 Way Kanan ini, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) wawasan kebangsaan dan bela negara di aula Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0427 Waykanan.

Sekretaris Daerah Pemkab Way Kanan Bustam Hadhori mewakili Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya membuka diklat tersebut yang diikuti sedikitnya 100 peserta yang berasal dari perwakilan forum kewaspadaan dini masyarakat  (FKDM) dan forum pembauran kebangsaan (FPK) di tingkat kecamatan dan kabupaten setempat.

Bustam Hadhori berharap melalui diklat tersebut dapat meningkatkan semangat persatuan dan nasionalisme masyarakat waykanan.

Kepala kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Waykanan, Syahrulsah mengatakan bahwa para peserta diklat wawasan kebangsaan ini akan diberikan materi oleh Kodim 0427, Polres, Kesbangpol serta SKPD  terkait.

Sementara itu komandan Kodim 0427 Letkol Inf. Edy Prayitno meminta para peserta diklat bersungguh-sungguh menyerap berbagai materi yang disampaikan. Sebab dengan memahami materi yang disampaikan narasumber, para peserta akan mendapatkan  pengetahuan terkait wawasan kebangsaan dan bela negara  sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat di lingkungannya masing-masing. (HR)