Djohan : Menanamkan Nilai Sejarah Sangat Penting

01 Juni 2016 - 00:02:38 | 3645 | SENI & BUDAYA

DL/31052016/Kota Metro

--- Nilai budaya dan sejarah hendaknya jangan sampai lekang dimakan jaman, terlebih sampai hilang dari ingatan para pemuda generasi penerus bangsa. Hal ini disampaikan Dr. Ir. Taufik Hanafi, Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, di gedung Wisma Haji Al-Khairiyah, Selasa 31 Mei 2016.

Dikatakan Taufik Hanafi, dari 20 kota yang ada, Kota Metro salah satu kota yang terpilih sebagai Kota Persemaian nilai budaya sebagai penguat karakter bangsa 2016. Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kepada dewan guru yang telah berhasil melalui uji kompetensi indek prestasi diatas rata-rata baik tingkat Provinsi Lampung maupun Nasional.

“Di abad 21 ini untuk melengkapi kompetensi bagi para siswa, nilai budaya dan sejarah tidak  bisa lepas. Jangan sampai para siswa mendapat pengetahuan yang kadaluarsa saat nanti ia terjun dalam dunia kerja.” Jelas Taufik Hanafi.

Belajar sejarah bukan hanya dari membaca tapi juga menonton film. Dengan begitu, diharapkan akan muncul sineas-sineas baru dari kota metro kedepannya.

Sementara, Wakil Walikota Metro Djohan, mengungkapkan menanamkan nilai-nilai budaya bangsa di kalangan generasi muda, tenaga pendidik dan kependidikan, untuk lebih mengenal dan menjadikan budaya Indonesia sangatlah penting, hal itu sebagai jati diri bangsa Indonesia yang kaya akan nilai budaya.

“Kita Ketahui, daya pikir setiap anak didik berbeda-beda, dan itu menjadi tantangan kita khususnya para guru, oleh karena itu saya berharap kedepan para guru dapat melakukan yang terbaik bagi anak didiknya.” Ucap Djohan. (Igun)