Cari Titik Temu Agar Penambangan Aman

29 Mei 2016 - 15:20:57 | 2403 | BERITA DAERAH

DL/29052016/Way Kanan

---- Maraknya penambangan batu gunung di wilayah kabupaten Way Kanan direspon Pemda Way Kanan dengan memberikan penyuluhan kepada delapan perusahaan tambang batu gunung untuk diberikan penyuluhan melalui aparat Muspika Kecamatan Way Tuba serta Polsek setempat, baru-baru ini.

Delapan perusahaan batu gunung dan beberapa tambang milik perorangan yang beroperasi selama dua tahun di area perkebunan di kampung Bukit Gemuruh diberikan penyuluhan karena terindikasi bahwa  para penambang tidak memiliki izin Amdal.

Penyuluhan tersebut diadakan untuk mencari titik temu antara penambang dan Pemkab serta keluhan warga atas rusaknya lingkungan dan jalan akses keluar masuk Kampung Bukit Gemuruh.

Penyuluhan berlangsung di aula Kecamatan Way Tuba yang dihadiri wakil delapan perusahaan tambang batu gunung dan tambang perorangan.

Kapolsek Way Tuba AKP Dwi Sentosa atas nama Kapolres Way Kanan menyampaikan bahwa tim Labfor Mabes Polri beberapa waktu lalu telah membentuk tim yang telah terjun ke lokasi penambangan, karena izin penambangan terkini harus dikeluarkan oleh pemerintah provinsi untuk kemudahan dan pengawasan serta penertiban.

Sementara itu Camat Way Tuba Nuryadin berharap kepada para penambang memahami kondisi tersebut agar tidak terjadi tindakan pelanggaran hokum. “Kami memberikan penyuluhan ini agar semua dapat berjalan dengan baik, tidak ada yang dirugikan, termasuk masyarakat sekitarnya. Semua aturan sudah dibuah untuk dipatuhi bersama,” katanya. (HR)