Lomba Desa Ukuran Keberhasilan Pembangunan Desa

18 Mei 2016 - 12:07:20 | 405 | BERITA DAERAH

DL/18052016/Pesisir Barat

----- Penyelenggaraan Lomba Desa/Kelurahan Program Terpadu Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS), Gerakan Sayang Ibu (GSI) dan Bina Keluarga Balita (BKB) Tingkat Provinsi Lampung diharapkan dapat mempercepat pembangunan kawasan pedesaan di berbagai aspek kehidupan.

Demikian disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Theresia Sormin, dalam acara penilaian Lomba Desa/Kelurahan di Pekon Seray Kabupaten Pesisir Barat, Selasa 17 Mei 2016.

Dalam sambutan yang dibacakan Theresia Sormin, menjelaskan bahwa perlombaan desa dan kelurahan ini merupakan tolok ukur sekaligus evaluasi atas keberhasilan pembangunan bersama masyarakat desa dan kelurahan.

Adapun indikator penilaian meliputi Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Bidang Kewilayahan Desa dan Kelurahan serta Bidang Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan.

Kali ini juga dilaksanakan lomba P3KSS, GBI dan BPB tingkat Provinsi Lampung yang bertujuan untuk menilai dan memperoleh gambaran dan dampak dari pelaksanaan program tersebut serta meningkatkan kualitas kehidupan perempuan dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“Pembangunan Desa, Kelurahan, Tiyuh harus dilakukan secara terencana dengan baik dan menyentuh kebutuhan riil masyarakat desa sehingga dapat mendorong percepatan pembangunan di kawasan pedesaan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menjelaskan bahwa terpilihnya Pekon Seray dalam penilaian Lomba Pekon Tingkat Provinsi Lampung adalah hasil Penilaian Tim Penilai Tingkat Kabupaten Pesisir Barat yang telah menilai semua desa dan kelurahan di Pesisir Barat pada 9 Maret 2016 lalu.

Terkait perlombaan pekon ini, Bupati Pesisir Barat berharap dapat meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara pemerintah pekon dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Sehingga dapat memberi dorongan bagi masyarakat Pekon Seray khususnya untuk terus membangun di segala aspek kehidupan yang dilaksanakan secara partisipatif, terencana dan terpadu sehingga dapat terus mengembangkan jiwa swasembada dan gotong royong.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah bersamaan dengan acara penilaian Lomba Pekon ini juga diselenggarakan acara Bina Keluarga Balita (BKB) dalam rangka pembinaan keluarga untuk mewujudkan tumbuh kembang anak dan balita secara optimal.

“Program ini merupakan upaya peningkatan kesadaran para ibu serta anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang anak balita dan pemenang pertama kader BKB tingkat Provinsi akan mengikuti seleksi Nasional di Jakarta dalam rangka Hari Keluarga Nasional Tahun 2016,” tambahnya. (fer)