Ririn: Waspadai Gejala Penyakit Kanker

15 Mei 2016 - 17:14:49 | 2418 | KESEHATAN

DL/15052016/Bandarlampung

---- Penyakit Kanker sampai saat ini masih menjadi momok yang menghantui masyarakat dunia, terutama di Indonesia, karena Kanker menjadi salahsatu penyakit yang berat.

Meskipun semua jenis penyakit yang berkembang pada tubuh manusia memerlukan suatu proses. Seperti yang terjadi pada proses terbentuknya Kanker yang memerlukan waktu cukup lama antara 15 tahun sampai 25 tahun.

Demikian terungkap dalam wawancara Koordinator Wilayah Lampung Yayasan Penyuluhan Kanker Indonesia Provinsi Lampung, Ririn Sri Lestari SKM, dengan radio ASN Dinas Kominfo Provinsi Lampung, akhir April 2016.

Menurut Ririn, karena proses terbentuknya kanker berlangsung lama, maka kebanyakan penderita kanker baru menyadari bahwa penyakit yang dideritanya adalah kanker setelah dinyatakan parah oleh dokter.

Ia juga mengatakan, bahwa deteksi dini dan pengobatan yang cepat dan tepat oleh para ahli sesuai bidangnya sangat berpengaruh pada keberhasilan pengobatan kanker.

Ririn menambahkan, untuk para perempuan diharapkan cermati gejala umum dari penyakit kanker, diantaranya:

1. Buang Air besar yang tidak tuntas.
2. Kotoran berwarna hitam kemerah merahan dan berlendir.
3. Memgalami sesak napas walaupun tidak asma.
4. Batuk kering yang tidak kunjug sembuh.
5. Badan mengurus
6. Timbul benjolan

“Faktor yang menyebabkan kanker biasanya karena, keturunan, lingkungan, dan makanan yang mengandung banyak bahan pengawetnya.” Ujar Ririn.

Saat ini penyakit kanker dapat dihindari dengan cara hidup lebih sehat dan hemat. Dengan cara kurangi bahan makanan yang mengandung karsinogen, banyak memakan sayur sayuran, buah buahan dan berolahraga serta imunotheraphy. “Sebaiknya mulai dari sekarang, jangan menunggu ada gejala-gejala itu,” kata Ririn.

Ririn juga mengajak para perempuan untuk datang ke yayasannya untuk berkonsultasi terkait kanker, yang beralamatkan di jalan Pangeran Antasari Gang Waru 1, tepatnya di belakang Giant Antasari Bandar Lampung. (citra)