Penyakit Lupus Banyak Menyerang Wanita

15 Mei 2016 - 16:58:01 | 351 | KESEHATAN

DL/15052015/Bandar Lampung

---- Waspada ya dengan apa yang dinamakan penyakit Lupus. Ini diingatkan oleh dr. Hensen Tovic, saat wawancara khusus dengan radio ASN provinsi Lampung, Kamis 12 Mei 2016.

Penyakit lupus adalah penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini terjadi apabila ada anomali pada sistem dan kerja sel pertahanan tubuh manusia.

Sel pertahanan tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari masuknya kuman atau gangguan eksternal lainnya, justru menyerang tubuh pemiliknya. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit mematikan pada jenis eritematosus sistemik (SLE) atau yang disebut juga dengan systemic lupus erythematosus.

dr. Hensen Tovic menjelaskan penyakit Lupus, penyakit yang mayoritas dialami para kaum perempuan. Gejalanya mengalami serangan dari sel antibodi dari dalam tubuh sendiri, pada bentuk sistemik. Serangan Lupus dinilai berbahaya dan mempengaruhi organ dalam manusia yang vital.
Kulit mudah menggosong, merasa lemah, demam pegal pegal, muncul ruam merah, nyeri sendi, anemia, rambut rontok.

Ia juga mengatakan, penyebab penyakit Lupus ini ada 2 faktor yakni internal dan eksternal. “Eksternal karena faktor gaya hidup dan kondisi manusia sementara internal karena faktor genetika.” Ujarnya.

Penyebab eksternal penyakit Lupus, karena penggunaan obat antibiotik, sinar UV, dan obat obatan berbahan dasar sulfa seperti bactrim dan septra.

Selain itu, untuk menghindari penyakit ini jaga pola makan, hidup sehat serta banyak berolah raga. “Jika terdapat tanda tanda dan ciri-ciri yang aneh pada kita segera periksakan ke dokter, mengingat penyakit Lupus ini menyerang perempuan dari umur 15 tahun sampai 40 tahun.” Kata Hensen. (citra)