LBH Papringan Dikukuhkan, Layani Masyarakat Gratis

06 Mei 2016 - 16:15:24 | 1129 | BERITA DAERAH

DL/06052016/Pringsewu

---- Lembaga bantuan hukum (LBH) Papringan yang dikukuhkan sejak 4 Mei 2016 oleh pengurus Paguyuban Pringsewu Rantau (Papringan) mencanangkan program bantuan hukum gratis untuk masyarakat.

Ini diungkapkan oleh ketua LBH Papringan, Yalfa Sabri, sesaat setelah pengukuhan di Pendopo Kabupaten Pringsewu. “Kehadiran kami di masyarakat harus bermanfaat dan kami ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada anggota masyarakat terutama yang tidak mampu, untuk diberikan bantuan hokum secara gratis.” Ungkap Yalfa.

Hadirnya LBH Papringan juga merupakan salah satu kegiatan paguyuban yang memanfaatkan profesi-profesi anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia, tidak hanya di Pringsewu saja.

Yalfa menegaskan bahwa belakangan mulai ada degradasi kepentingan dalam hukum di Indonesia, sehingga tidak dipungkiri banyak para penegak hukum yang tidak peduli pada hukum itu sendiri. Maka dari itu pihaknya akan kembali meluruskan prosedur penyelesaian masalah hukum dengan baik.

Sementara itu Joko Sapto Pratolo, ketua Papringan, mengatakan bahwa dibentuknya LBH Papringan dalam paguyuban ini bukan untuk mencar-cari masalah hukum, namun untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi di tengah masyarakat terutama yang berkaitan dengan hukum.

“LBH Papringan kami bentuk sebagai salah satu antisipasi terutama pada berbagai kemungkinan yang terkait dengan persoalan hukum di tengah anggota kami dan masyarakat pada umumnya,” kata Joko.

Pengukuhan LBH Papringan ini bagian dari rangkaian kegiatan Milad I Papringan. Momentum ini selain pengukuhan LBH Papringan, juga ada seminar dan penyuluhan hukum yang berkaitan dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Sosialisasi dan penyuluhan hukum yang disampaikan oleh Prof. DR Sunarto, dari Universitas Lampung. (Sapto)