Legislastor Fasilitasi Kerjasama Unja Dengan Selandia Baru

02 Mei 2016 - 21:24:08 | 971 | PENDIDIKAN

DL/02052015/JAKARTA

---- Hari Pendidikan Nasional yang diperingati pada 2 Mei setiap tahunnya, biasanya dirayakan berbagai kalangan dengan upacara atau seremonial. Namun, hal berbeda dilakukan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra, yang menjadi fasilitator pembukaan kerjasama antara Universitas Jambi dengan Selandia Baru dalam hal pendidikan.

Kerjasama itu dibuktikan dengan kunjungan Liaison Officer (LO) atase pendidikan Kedutaan Besar Selandia Baru, yakni Brook W Ross dan Diana Devi ke Universitas Jambi, Jumat 29 April 2016 lalu.

Sutan memastikan, kunjungan itu untuk membuka peluang kerjasama pendidikan di perguruan tinggi dalam bentuk penelitian, peningkatan kapasitas dosen maupun peluang beasiswa.

“Kehadiran LO ini berfungsi sebagai penghubung kita dengan pemerintah dan universitas di Selandia Baru disana sebagai kemitraan. Jadi kunjungan ini dalam menjajaki peluang kerjasama berbagai bidang beserta industri turunannya antara Jambi dan Selandia Baru,” kata Sutan, dalamrilis yang diterimaParlementaria, Senin 2 Mei 2016.

Politisi F-Gerindra itu menambahkan, kunjungan itu juga bias dikatakan sebagai pintu masuk kerjasama yang lebih luas dalam hal membangun pendidikan, industri peternakan  dan pariwisata melalui kerjasama antara Indonesia dengan negera yang dikenal dengan Negeri Kiwi itu.

“Di Selandia Baru, telah terbentuk mindset bahwa industri harus berlandaskan riset, sehingga ketika bicara investasi, mereka sangat melihat kesiapan sumber daya suatu daerah, mendukung atau tidak untuk kerjasama. Maka, mereka dating ke Universitas Jambi untuk melihat daya dukung kampus terhadap industri, selain program pengembangan kampus UNJA sendiri,” jelas Sutan.

Politisi asal Dapil Jambi ini menyatakan dukungannya terhadap kerjasama ini, dan akan memperjuangkannya juga dari sisi anggaran melalui APBN. (R ya N)