Anak Indonesia Perlu Punya Karakter dan Kompetensi

02 Mei 2016 - 21:18:16 | 1133 | PENDIDIKAN

DL/02052016/Bandarlampung

---- Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo menerima penghargaan sebagai anggota kehormatan keluarga besar Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) pada Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2016 di Lapangan Kampus IPDN, Jatinangor Jawa Barat, Senin 2 Mei 2016.

Ridho Ficardo disematkan Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan langsung oleh Rektor IPDN Ermaya Suradinata sesuai dengan Keputusan Gubernur IPDN No. BG1-344 Tahun 2016.

Penghargaan itu diterima Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo karena dinilai berhasil meningkatkan kualitas dan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai di Pemerintah Provinsi Lampung serta berhasil membangun daerahnya di berbagai bidang.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang dibacakan oleh Rektor IPDN Ermaya Suradinata menjelaskan bahwa Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya.

“Untuk itu salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya,” jelasnya.

Lebih lanjut dalam Hari Pendidikan Nasional yang bertema Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan menjelaskan bahwa ketrampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karaker, kamampuan literasi dan kompetensi.

“Adalah tugas kita semua untuk memastikan benar keingintahuan di mata setiap anak Indonesia dan api semangat berkarya di dalam dirinya tidak akan padam serta memberikan uang bagi anak-anak Indonesia untuk berkontribusi, memajukan dirinya, memajukan masyarakatnya, memajukan kebudayaan bangsanya,” ujarnya.

Selain itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaa RI Anies Baswedan juga menyampaikan apresiasi kepada para pegiat pendidikan di seluruh penjuru Nusantara atas peran aktifnya dalam mencerdaskan saudara sebangsa.

Dalam kesempatan yang sama Pemerintah Provinsi Lampung juga turut menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di Stadion Gelora Sumpah Pemuda PKOR Way Halim Bandar Lampung.

Sekda Provinsi Lampung Arinal Djunaidi bertindak menjadi inspektur dengan dihadiri oleh sejumlah Pejabat Eselon dan Fokorpimda di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Lampung juga turut memberikan penghargaan pada Lomba Sekolah Sehat usaha Kesehatan Sekolah (LSS-UKS) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2015 dari tingkat Paud sampai dengan Tingkat SMA/SMK/MA.

Adapun Juara 1 Tingkat Paud diraih oleh Paud Percontohan Tunas Ceria Lampung Selatan, untuk Tingkat SD/MI diraih oleh SD 1 Gunung Madu Terusan Nunyai Lampung Tengah, untuk Tingkat SMP/MTS Juara 1 diraih oleh SMP N 1 Metro dan untuk Tingkat SMA/SMK/MA diraih oleh SMK N 1 Bandar Lampung.

“Lomba ini merupakan salah satu upaya pembinaan dan mengevaluasi program UKS yang berdampak positif terhadap anak didik dalam rangka pengembangan kualitas SDM seutuhnya melalui pola hidup sehat di sekolah sehingga diharapkan mewujudkan peningkatan kualitas SDM di masa yang akan dating,” tambahnya. (fer)