MTQ Harus Membumi Nilai-nilai Al Quran

23 April 2016 - 13:56:19 | 1099 | BERITA DAERAH

Penyerahan pila bergilir MTQ, untuk diperebutkan kembali di MTQ ke-44 tahun 2016. Foto : Gede Setiyana

DL/23042016/Tanggamus

Gubernur Lampung Ridho Ficardo menegaskan bahwa Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) seharusnya dapat membumikan nilai-nilai Al Quran, menyampaikan syiar dalam kehidupan masyarakat. Ini diungkapkan dalam pembukaan MTQ ke-44 tingkat Provinsi Lampung 2016, di Islamic Center Kabupaten Tanggamus, Kamis malam 21 April 2016.

Ridho juga berharap dari gelaran MTQ kali ini Provinsi Lampung bisa meningkatkan prestasinya ditingkat nasional. “Tahun lalu kita mengalami peningkatan. Saya harap pada MTQ Nasional berikutnya bisa masuk 10 besar, dulu Lampung sudah pernah mudah-mudahan kembali masuk 10 besar." Ujar Ridho.

Ridho memaparkan bahwa Pemprov Lampung dan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Lampung terus berupaya agar Bandara Raden Inten II bisa menjadi embarkasi haji. “Kita terus berusaha keras agar Bandar Raden Inten bisa menjadi bandara Internasional bisa menjadi embarkasi haji. Sehingga bisa langsung dar Lampung menuju Jedah. Mohon doa dan dukungan.” Kata Gubernur.

Ridho juga menjelaskan terus memberikan dukungan berupa bantuan dalam bidang keagamaan seperti memberikan perhatian dalam bentuk insentif kepada 3.000 guru ngaji di Lampung dan ratusan bantuan untuk imam masjid dan bantuan dana pendidikan untuk anak-anak penghapal Al-Quran yang kedepan bantuan akan terus ditingkatkan.

Diakhir sambutan Ridho menitipkan pesan kepada Bupati/Walikota agar menghidupkan pengajian dan majelis taqlim, guna menanamkan nilai-nilai kegamaan di tengah masyarakat. 

“Karena kita terus menghadapi tantangan moral, Provinsi Lampung dengan letaknya yang strategis memiliki tantangan dan dinamika yang lebih kuat. Lewat kegiatan keagamaan kita bisa melewati berbagai tantangan salah satunya bahaya narkoba, untuk itu saya himbau agar kepala daerah  lakukan tindak-tindakan antisipatif.” Himbau Gubernur.

Acara berlangsung meriah menampilkan berbagai pertunjukan mulai dari drumband, tari kolosal hingga penampilan artis Ibukota Wali Band. Beberapa Bupati/Walikota turut menghadiri pembukaan MTQ, Forkopimda dan tamu undangan. (RA)