Rabu Besok, Perdana Pelatihan Gamolan Lampung

12 April 2016 - 17:52:26 | 405 | SENI & BUDAYA

DL/12042016/Bandarlampung

---- Hari Rabu, 13 April 2016, adalah momentum dan langkah awal Gamolan Institute Lampung (GIL) melakukan kegiatan pelestarian Gamolan Lampung, melalui pelatihan untuk umum, terutama penggemar dan calon pelestari Gamolan Lampung.

Seperti yang dirilis selama ini, GIL membuka diri dalam pengembangan music tradisional Lampung. Ini ditegaskan Yudhi Purwanto, Koordinator divisi Penelitian dan Pengembangan GIL, bahwa kegiatan ini dalam rangka memberikan jembatan kepada generasi muda terutama untuk mengenal lebih dekat dengan gamolan Lampung.

“Gamolan bukanlah alat musik yang popular di kalangan anak muda, namun punya arti sejarah dan penting bagi kesinambungan seni budaya negeri ini. Jadi harus ada yang memulai untuk mengenalkan, agar generasi berikutnya selain mengenal juga bisa memainkannya.” Ujar Bayong – panggilan akrab Yudi Purwanto.

Maka dengan terbukanya kesempatan seperti ini, akan memberikan peluang bagi generasi muda dan Gamolan Lampung untuk saling berinteraksi, dalam rangka pelestarian seni dan budaya daerah khususnya, Indonesia pada umumnya. Pelatihan Gamolan terbuka umum dan pendaftaran tidak dipungut biaya (Gratis). 

Ketua Gamolan Institut Lampung, Novellia Yulistin Sanggem, mengatakan bahwa pelatihan ini tak sebatas hanya memainkan music atau gamolan saja. “Selain itu, juga diberikan ilmu pengetahuan tentang sejarahnya. Output dari pelatihan ini adalah sebuah Home Konser Gamolan,” kata Novel.
Pelatihan akan dilaksanakan setiap seminggu sekali pada setiap Rabu, Pukul 16.00 s/d 17.30 Wib, di
Sekretariat Gamolan Institute Lampung Jl. ZA Pagar Alam Gg Semangka no 25 Gedung Meneng Bandar Lampung (Depan KNPI Provinsi Lampung).

Informasi Pendaftaran dapat menghubungi Hasyimkan (081369023721), Novellia Yulistin Sanggem (085368681001), Ariansyah Setiawan (082179929133). (R-01)