Disdukcapil SiapkanLayanan Prima dan Gratis

11 April 2016 - 07:44:33 | 189 | BERITA DAERAH

DL/11042016/PESAWARAN

---- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ketut Partayasa berjanji segala pengurusan administrasi yang menyangkut kependudukan dan lainnya yang menjadi domainnya, dipastikan dalam waktu dua jam selesai dan gratis.

Ketut menegaskan di ruang kerjanya Jumat, 8 April 2016, akan menindak lanjuti imbauan Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona untuk menjalanan pelayanan prima terhadap masyarakat.

“Disdukcapil akan melayani masyarakat dengan cepat, prima dan gratis. Saya yakinkan kepada masyarakat bahwa mengurus KTP dan KK serta dokumen lain gratis, silahkan datang ke loket,” Ujar Ketut.

Menurut Ketut, sudah menempatkan petugas yang kompeten untuk membantu masyarakat. “Kami menempatkan petugas yang dipacu untuk kerja cepat, di setiap loket ada Kasi yang membidangi, jadi urusannya cepat,” tambahnya.

Kepada warga pesawaran diimbau tidak terprovokasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. ”Kalau memang ada pegawai honor yang menunggu loket berani mengutip uang untuk pengurusan dokumen seperti KTP dan lain-lain akan saya beri sanksi,” jelasnya.

Berdasarkan UU 23 tahun 2014 seluruh pengurusan admintrasi kependudukan tidak dipungut bayaran. Dengan catatan persyaratan admintrasi lengkap dan diurus oleh yang bersangkutan dengan pengurusan paling lama tidak lebih dari 2 jam.

Dalam waktu dekat atas perjuangan Bupati, Disduk Capil akan menerima bantuan dari Dirjen Kependudukan mobil perekam KTP. “Untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan, kami menurun kan pegawai dibantu petugas perekam data.” Ujar Ketut.

Himbauan kepada masyarakat diharapkan agar segera mengurus secara langsung KTP termasuk surat pindah WNI, akte nikah non muslim, akte kematian ke Disduk Capil. “Semua tanpa dipungut bayaran dan tanpa melalui calo.” Katanya.

Dalam waktu dekat Disdukcapil Pesawaran akan melakukan sosialisasi UU kependudukan dengan mendatangkan langsung Dirjen Dukcapil  Prof Dr Zudan Arif Fakrulah SH MH. (her)